10 Manfaat Berpuasa

Puasa bukan sekedar kewajiban. Banyak hikmah-hikmah terkandung di dalamnya. Hal ini bermuara kepada suatu kesimpulan bahwa puasa membawa pengaruh yang begitu baik terhadap kesehatan tubuh. Ada banyak sekali manfaat kesehatan  yang akan didapatkan melalui berpuasa, berikut sepuluh di antaranya:

zcihjdhyo6ieevshlnkg

  1. Membersihkan Saluran Pencernaan

Perut merupakan bagian tubuh tempat berbagai jenis makanan maupun minuman diolah dan tersimpan dalam beberapa waktu. Karena itulah perut butuh dibersihkan setidaknya sekali dalam setahun dengan cara mengosongkannya. Dengan mengerjakan puasa, tubuh diberi peluang untuk membuang segala racun dari sisa-sisa makanan dalam saluran pencernaan.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Ketika tidak ada makanan yang bisa dicerna, tubuh berfokus pada fungsi-fungsi penting seperti aktivitas metabolik dan sistem kekebalan tubuh. Puasa mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas, menghindari peradangan dalam tubuh, dan pembentukan sel kanker.

  1. Melawan Berbagai Penyakit

Puasa berfungsi menjaga tubuh dari berbagai penumpukan zat-zat berbahaya, seperti kelebihan kalsium, kelebihan daging, dan lemak. Ketika berpuasa, tubuh mengatur ulang fungsi organ-organ seperti hati, ginjal dan bagian lain. Kondisi puasa pun dapat mengatasi disfungsi persendian tulang, penimbunan kolesterol dan asam urat, serta penyakit lainnya.

  1. Membantu Fungsi Sel, Gen, dan Hormon

Saat puasa, kadar hormon meningkat dan merangsang pertumbuhan dan produksi sel-sel dalam tubuh. Tubuh menginduksi proses perbaikan sel melalui mekanisme sintesis dan daur ulang komponen sel yang tidak perlu, sehingga produksi sel dan jaringan sehat di seluruh tubuh semakin banyak.

sderT

  1. Mempercepat Metabolisme

Berpuasa berarti mengistirahatkan sistem pencernaan dan mengalihkan energi yang digunakannya untuk metabolisme dan membakar kalori lebih efisien. Puasa dapat mengatur system pencernaan dan fungsi usus, sehingga meningkatkan fungsi metabolisme. Berpuasa pun dapat menjadi cara yang aman untuk menurunkan berat badan.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dalam periode puasa, insulin menjadi lebih banyak dalam sel untuk mengambil glukosa dari darah. Menariknya, puasa telah terbukti memiliki manfaat besar bagi resistensi insulin dan menyebabkan pengurangan kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian puasa gula darah telah berkurang 3-6%, menurunkan risiko diabetes tipe 2.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Jumlah protein neurotropik yang berfungsi memproduksi sel-sel otak meningkat, dan pada akhirnya dapat memaksimalkan fungsi otak. Puasa mengaktifkan sel-sel batang otak untuk mengkonversi menjadi neuron baru, dan memicu berbagai zat kesehatan saraf. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal juga dapat menurunkan tingkat stres.

  1. Mengatur Pola Makan

Puasa dapat menjadi cara membantu penderita gangguan makan, dan yang kesulitan membentuk pola makan yang baik karena kesibukan dan prioritas lainnya. Namun, perlu diperhatikan pada saat berbuka puasa, sedapat mungkin menghindari dahulu makanan mengandung lemak tinggi.

  1. Merawat Kulit

Ternyata, puasa memberikan manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit, membantu tubuh membersihkan racun, menambah ketahanan kulit dalam melawan mikroba, serta meminimalisasi alergi. Saat puasa, tubuh pun melepaskan hormon anti penuaan yang bermanfaat bagi kulit.

ramadan-mubarak

  1. Pencerahan Diri

Banyak orang merasa lebih terhubung dengan kehidupan saat berpuasa. Lebih banyak energi dalam tubuh memungkinkan kita untuk merasa lebih baik secara sadar maupun secara fisik. Dengan tubuh lebih ringan dan pikiran yang tenang, kita akan menjadi lebih bersyukur terhadap hal-hal di sekitar.

 

(Angie Diyya/Dari Berbagai Sumber. Foto: Istimewa)

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here