7 Cara Jaga Telinga Tetap Sehat

Ear candling being carried out on an attractive caucasian woman in a spa

Bijaklah dalam menggunakan earphone, maksimal dua jam saja dalam sehari. Lalu, istirahatkan pendengaran selama enam jam setelahnya. Selain menganggu pendengaran, seringannya penggunaan earphone dapat menghambat keluarnya kotoran telinga.

Ear candling being carried out on an attractive caucasian woman in a spa

Anggota tubuh manusia yang satu ini berperan penting sebagai indera pendengaran, bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Menjaga kebersihannya kerap terabaikan oleh sebagian dari kita, terutama yang memiliki aktivitas super padat. Untuk merawat telinga tetap sehat dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik, beberapa cara ini dapat kita dilakukan.

BERSIHKAN DAUN TELINGA

Banyak yang menganggap jika cara membersihkan telinga adalah dengan mengoreknya, padahal ini sebenarnya kurang tepat. Penggunaan cutton buds atau benda lainnya akan mendorong kotoran telinga masuk kembali, dan menumpuknya kotoran di dalam telinga. Lalu, jika tidak berhati-hati, cutton buds dapat melukai organ dalam telinga. Sebenarnya panca indera ini memiliki sistem otomatis yang dapat mengeluarkan kotorannya sendiri. Maka, cara yang tepat adalah dengan membersihkan bagian daun telinga. Oleskan minyak zaitun dan bersihkan dengan tisu atau handuk berbahan halus.

MENGUNYAH MAKANAN DENGAN BAIK

Gerakan mengunyah makanan dapat membantu proses keluarnya kotoran dalam telinga. Sistem otomatis ini akan berlangsung saat kita mengunyah makanan dengan baik. Untuk membuktikannya cobalah mengunyah permen karet. Kunyahan dalam mulut yang teratur dapat mempermudah proses keluarnya kotoran di dalam telinga kita.

LAKUKAN TERAPI LILIN

Terapi lilin dapat dilakukan di rumah secara mandiri. Lilin terapi telinga dapat ditemukan di toko kecantikan. Bakar lilin terapi tersebut lalu letakkan di daerah rongga luar telinga. Terapi ini membantu untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalam telinga, selain itu juga menenangkan tubuh khususnya pada bagian indera pendengaran dan sekitarnya.

JANGAN MENGGARUK TELINGA

Saat gatal, hindarilah untuk menggaruknya, karena dapat menyebabkan iritasi bagian tengah maupun luar. Iritasi bagian tengah akan mempengaruhi kerja gendang telinga, sedangkan iritasi bagian luar berupa luka atau pembengkakan yang terjadi pada daun telinga atau rongga-rongganya. Jika sudah sampai terjadi iritasi segera periksakan ke dokter, karena dikhawatirkan menyebabkan gangguan pendengaran. Bahkan, jika sudah parah dapat menyerang bagian pernapasan dan tenggorokan, sehingga menganggu jalannya sistem indera. Jika tidak segera ditangani, hal ini akan membahayakan dan menghambat aktivitas.

GUNAKAN EARDROPS

Alat ini berguna untuk melindungi telinga dari bahaya masuknya serangga, kotoran, atau air saat berenang. Jangan abaikan penggunaannya, jika serangga dapat memasuki telinga dampaknya akan terjadi pembekakan di rongga dalam telinga. Begitu pun jika air masuk saat berenang, tidak menutup kemungkinan air tersebut membawa kotoran yang dapat membuat telinga terkena iritasi.

BIJAK MENGGUNAKAN EARPHONE

Penggunaan earphone secara berlebihan perlu diperhatikan. Suara yang kencang saat mendengarkan atau intensitas penggunaan earphone tinggi berpotensi menyebabkan pendengaran terganggu. Ada dua kemungkinan, pendengaran menjadi kurang peka terhadap bunyi atau sebaliknya justru lebih sensitif. Bijaklah dalam menggunakan earphone, maksimal dua jam saja dalam sehari. Lalu, istirahatkan pendengaran selama enam jam setelahnya. Selain menganggu pendengaran, seringannya penggunaan earphone dapat menghambat keluarnya kotoran telinga.

PERIKSA KE DOKTER

Cara menjaga kesehatan telinga yang terakhir adalah berkunjung ke dokter spesialis telinga, atau THT. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi telinga setidaknya sekali dalam setahun, agar kesehatan telinga dapat terjaga dengan baik. Fungsi pendengaran sangatlah penting untuk kelancaran aktivitas harian, selain dapat menjaga kesehatan tubuh dan kegiatan yang lebih produktif.

(Abitri Negoro Hermanto/Dari Berbagai Sumber. Foto: Istimewa)

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here