7 Manfaat Yoga

body of a beautiful girl in a meditation on the beach

Yoga dapat menenangkan pikiran dan menciptakan keseimbangan jiwa dan raga. Hal ini bukanlah ungkapan semata. Setiap postur memberi efek terapi dan energi bagi tubuh. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat  melakukan kombinasi latihan pernapasan, konsentrasi maupun fokus saat  yoga. Berikut ini tujuh alasan alasan untuk mencobanya.

Woman meditating on beach

  1. Dapat dilakukan di mana saja.

Yoga dapat dipraktikkan di mana saja, baik di kelas yoga maupun menggunakan matrass sendiri di area rumah. Bahkan, gerakan sederhana yoga dapat dilakukan sambil melihat video saat di meja kerja, bepergian, sambil duduk di pantai, dan lainnya.

 

  1. Latihan Pernapasan

Sebuah artikel kesehatan menyatakan bahwa ada manfaat nyata belajar menggunakan pernapasan yoga. Antara lain melepaskan ketegangan otot kronis di sekitar jantung maupun organ-organ pencernaan maupun membantu penderita penyakit pernapasan seperti asma dan emfisema untuk mengatasi rasa takut sesak napas. Meningkatkan kapasitas paru-paru, mendorong stimulus saraf untuk sistem kardiovaskular, meningkatkan detoksifikasi melalui peningkatan pertukaran oksigen dan karbondioksida, serta menguatkan sistem autoimun dengan meningkatkan distribusi energi untuk sistem endokrin.

 

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Terlalu banyak duduk atau membawa beban yang terlalu berat di tas bahu maupun punggung bisa membuat tubuh jadi sedikit membungkuk. Sebelum terlambat, perbaikilah postur tubuh dengan gerakan yoga. Setiap pose yang dilakukan saat berlatih yoga dapat membiasakan seseorang untuk berdiri tegak dan meluruskan kepala, punggung, serta panggul saat duduk.

 

  1. Membuat Lebih Fokus

Saat melakukan yoga, kita belajar untuk tidak terburu-buru, tanpa memikirkan hal lain. Para yogi, atau pelaku yoga mengaku telah belajar untuk memperlambat pikiran. Tanpa bergerak sama sekali, hanya dalam posisi diam dan terfokus pada ritme napas. Berfokus pada satu hal pada suatu waktu dapat bermanfaat di semua bidang kehidupan.

 

  1. Membantu Meringankan Stres

Di tengah kesibukan aktivitas, yoga bisa menjadi salah satu cara untuk mengambil celah melepaskan kepenatan. Peregangan yang dilakukan dalam beberapa pose bisa mengurangi stres dan kecemasan. Para yogi mengaku latihan yoga seperti eagle pose, bridge pose, dan standing forward bend dapat melepaskan beban pikiran, lebih ringan secara mental, dan fisik pun lebih santai.

 

  1. Lebih Ramping dan Kuat

Beberapa gerakan dalam latihan yoga, kita menahan berat badan sendiri. Semakin sering dilakukan akan semakin mudah melakukannya. Bonusnya, tubuh yang lebih ramping dengan berat ideal melalui aktivitas yoga rutin.

 

  1. Membangun rasa percaya diri

Orang percaya diri dapat memberikan energi hangat, serta magnet yang membuat orang lain merasa nyaman. Dan tentu saja, yoga dapat membantu. Gerakan yoga diyakini mampu mengirimkan suatu pesan positif ke dalam hati dan pikiran yang menunjukkan kita peduli tentang diri kita sendiri. Dimulai dengan membangun kekuatan fisik melakukan pose yang kian menantang, kita merasa lebih kuat di dalam. Menyeimbangkan pose yoga yang terasa lebih mudah ketika semakin sering berlatih, menunjukkan kepercayaan diri membawa dampak dalam seluruh aktivitas keseharian.

 

Angie Diyya/Dari Berbagai Sumber. Foto: Istimewa

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here