72 Indonesian Inspiring Women 2017: Bernadette Ruth Irawati Setiady Presiden Komisaris PT Kalbe Farma Tbk

Perempuan berkepribadian mandiri ini menunjukkan kapasitasnya memimpin perusahaan farmasi besar yang sukses di 10 negara. Tak heran, bila namanya masuk dalam daftar wanita eksekutif paling berpengaruh di bidang bisnis mewakili Indonesia.

 

Sejak merintis karier di research and development PT Bukit Manikam Sakti, Bernadette Ruth Irawati Setiady menjalani berbagai bidang pekerjaan, mulai dari produksi, pemasaran, pengembangan organisasi, bahkan perbankan.

Keponakan sang pendiri perusahaan farmasi tersebut berusaha fokus menyerap segala ilmu yang diperolehnya. Sebelum dipercaya menjabat posisi puncak PT Kalbe Farma Tbk sejak 2008, dia memperoleh gelar Master of Science Degree dari Fakultas Ilmu Pangan, Universitas Cornell, Ithaca, New York.

Lalu, setahun kemudian, dia berkarier sebagai product manager di PT Bukit Manikam Sakti, divisi infant food dari PT Kalbe Farma, kemudian menjabat posisi sebagai marketing
manager PT Sanghiang Perkasa.

Saat ditunjuk menjadi CEO, Ira–sapaan akrabnya–langsung fokus menyusun strategi perusahaan. Kepemimpinan wanita kelahiran 19 Mei 1962 ini berhasil membawa perusahaan meraup penjualan bersih senilai Rp19 Triliun.

Perusahaan farmasi itu memiliki kapitalisasi pasar Rp71triliun pada akhir Desember 2016. Di tengah kondisi usaha yang menantang sepanjang tahun lalu, PT Kalbe Farma Tbk membukukan hasil positif dan menunjukkan kinerja optimal meskipun dipengaruhi pelemahan kondisi ekonomi.

Per tanggal 5 Juni 2017, dia resmi menjabat sebagai presiden komisaris perseroan berdasarkan pernyataan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan.

Inovasi terus dikembangkannya dalam berbagai bidang, termasuk juga mengoperasikan pabrik obat kanker dan sedang menyiapkan pabrik baru biosimilar di Cikarang. Pencapaian tersebut sekaligus dijadikannya sebagai tantangan besar, agar bisa terus berinovasi, tumbuh, dan berkembang.

Ira berharap, nilai-nilai yang ada di PT Kalbe Farma Tbk bisa bermakna untuk mereka yang bersentuhan dengan perusahaan, baik karyawan ataupun masyarakat pengguna produk perusahaan ini. Bukan hanya secara bisnis target tercapai, tetapi menjadi perusahaan yang dapat meningkatkan kesehatan untuk hidup lebih baik.

PT Kalbe Farma Tbk pun mendukung kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, agar dapat memberikan kontribusi berarti bagi pengembangan masyarakat. Di bidang pendidikan, diselenggarakan kegiatan ‘Kalbe Junior Scientist Award’ secara rutin, dengan tujuan membangun kemampuan Indonesia di bidang ilmu dan sains.

Dalam kesehatan masyarakat, perusahaan memberikan layanan pengobatan maupun cek kesehatan gratis dan membagikan donasi obat-obatan maupun suplemen ke berbagai masyarakat di seluruh Nusantara. Angie Diyya | Dok. Pribadi

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here