72 Indonesian Inspiring Women 2017: Etty Soewardani Direktur SDM & Umum PT PAL Indonesia (Persero)

 

Terpilih kembali untuk periode kedua, Etty salah satu cerminan anak bangsa yang setia membangun negeri. Berbekal pengalamannya di bidang SDM, dia piawai mengomandoi
human capital building sebagai aset utama PT PAL Indonesia (Persero).

 

Perempuan asal Cirebon ini membuktikan perawakan mungil, bukanlah halangan memimpin industri yang dipenuhi otot kaum Adam. Memasuki periode kedua ini, dia dipercaya kembali sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT PAL Indonesia (Persero) periode 2017-2022.

Tantangan demi tantangan dihadapi dengan kesolidan tim dan integritas. Di masa awal jabatannya, salah satu tantangan adalah membangun kembali geliat profesional dan imej PT PAL Indonesia (Persero).

“Saat itu, kondisi perusahaan memang kurang stabil. Kepercayaan pelanggan perlu ditumbuhkan, bagaimana orang ingin memberikan pesanan pembuatan atau perbaikan kapal, bila imej kami kurang meyakinkan. Maka, kami mulai membenahi tampilan dan memotivasi karyawan dengan diskusi bersama para senior dan expert. Termasuk, pelatihan yang mencakup transfer of technology maupun knowledge,” ungkap perempuan kelahiran 6 Juni ini.

Dengan penunjukan PT PAL Indonesia (Persero) sebagai lead integrator, maka perusahaan mendapatkan tugas dan amanah sebagai pemandu utama (lead integrator) pembangunan Alutsista Matra laut.

Perkembangan zaman seperti era digitalisasi menuntut berbagai stakeholders siap dengan berbagai perubahan, tak terkecuali sistem persenjataan. Selain mengikuti perkembangan kecanggihan teknologi, PT PAL Indonesia (Persero) terus membekali SDM lewat diklat ataupun pelatihan. Tujuannya agar pengetahuan pembuatan kapal kian merata dikuasai anak bangsa.

“Kami juga berencana menyelenggarakan pelatihan untuk 1.500 orang yang bersinergi bersama perusahaan lain dengan menggunakan dana CSR, agar semakin banyak yang berkiprah di bidang perkapalan ataupun konstruksi,” imbuhnya.

Pada pertengahan 2017, PT PAL Indonesia (Persero) mengekspor kapal perang ke Filipina untuk kapal yang kedua.

“Dari tender internasional, alhamdulillah, kami yang terpilih,” tandas ibu dua anak ini. Sepanjang 2016- 2017 ini, sejumlah negara, antara lain Malaysia, Filipina, Uni Emirat Arab berencana memesan kapal perang ke PT PAL Indonesia (Persero).

Selain meningkatnya pesanan dari luar negeri, perusahaan juga telah membuat kapal perang Angkatan Laut Indonesia dan kapal selam untuk Kementerian Pertahanan.

Etty menambahkan, “Kemajuan perusahaan kami adalah berkat perjuangan bersama dengan stakeholders.” Kegigihannya dalam mengembalikan performa optimal PT PAL Indonesia (Persero) tak lepas dari ikatan dan kepercayaan seluruh karyawan.

Setiap pagi, Etty berupaya mengikuti apel arahan di pagi hari. Bila berhalangan, alumnus Certify Human Capital dari Magister Manajemen Universitas Airlangga ini bersepeda keliling kantor untuk mengecek kondisi sekitar. Silvy Riana Putri | Fikar Azmy

 

Women’s Obsession edisi Agustus 2017

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here