72 Indonesian Inspiring Women 2017: Indah SDA Anggota Komisi V DPR RI

Sebagai politisi senior PPP, Indah terpilih dua periode berturut-turut di DPR.
Pemberdayaan kaum perempuan DI UMKM adalah ikhtiar lainnya di luar Senayan.

Keterpilihan ibu empat anak ini selama dua periode di Senayan bukan hanya prestasi pribadi, tetapi simbol dari pihak perempuan di politik semakin diakui. Sebagai perwakilan perempuan yang berkarya di luar rumah, Indah SDA mendukung bentuk transformasi positif dalam berbagai bentuk profesi.

Di era modern ini, peluang perempuan untuk meningkatkan kualitas diri tidak lagi terhambat oleh isu gender. Dia menilai semakin tingginya kepercayaan masyarakat, karena perempuan dinilai sosok yang ulet dan detail dalam melakukan pekerjaan.

Indah berkomitmen penuh dalam mendukung pemberdayaan kaum Hawa guna membantu kesejahteraan ekonomi keluarga. Salah satunya dengan membentuk Azzahra Community yang setia membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sejak 12 April 2012.

Setiap tahunnya, jumlah bantuan kepada pelaku UMKM terus meningkat. Dari 100 menjadi 500, 600, 1.200, dan pada 2017 jumlah penerima bantuan menjadi 1.300 UMKM.

Tahun ini berbeda dari sebelumnya, bantuan permodalan diberikan oleh Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI), organisasi rintisan Indah yang terbentuk pada April 2016. Dana bantuan permodalan pun berasal dari seluruh pengurus PPLIPI. Oleh karena itu, dia mengajak pihak lain yang tergerak ikut serta.

“Kita ketahui bersama bahwa perempuan adalah tiang negara. Oleh karena itu, PPLIPI adalah bentuk ikhtiar kami untuk membangun negeri yang telah memasuki usia 72 tahun. Membangun dari elemen terkecil, yaitu kesejahteraan keluarga. Perempuan adalah sosok penentu lahirnya generasi penerus bangsa,” harap perempuan yang mengidolakan ummi tercinta.

Dia pun menambahkan, Di PPLIPI terdapat 19 komisi yang menaungi berbagai sektor perempuan lintas profesi. Kepengurusan organisasi ini sudah terbentuk di beberapa propinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Karier politik perempuan kelahiran 17 April ini telah dirintis sejak masa kuliah menjadi anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang berafiliasi ke Nahdatul Ulama (NU).

Pada 2012, Indah terjun di PPP menjabat sebagai Ketua Umum PP Wanita Pembangunan. Pada 2014, dia diamanahkan sebagai wakil ketua PPP. Ketua Umum PPP periode 2016- 2021, Romahurmuzy pun mengakui Indah sebagai perempuan politisi yang disegani di PPP.

Bersama 10 kader lainnya, dia ditunjuk memangku jabatan sebagai wakil ketua umum PPP periode 2016-2021. Dalam pertemuan islah (damai) tiga kubu di PPP menjelang pelantikan kepengurusan periode tersebut, kediaman Indah dipilih sebagai tempat diskusi dan mediator yang tepat. Silvy Riana Putri | Fikar Azmy

 

Women’s Obsession edisi Agustus 2017

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here