72 Indonesian Inspiring Women 2017: Pia Alisjahbana Founder Femina Group

 

Pengabdian tiada akhir. Kalimat itu tepat dilekatkan pada sosok wanita 84 tahun ini. dIa tetap produktif dan berkarya untuk negeri yang sangat dicintainya.

 

Pia Alisjahbana dikenal luas sebagai ‘bidan’ lahirnya majalah Femina yang kini berkembang sebagai grup penerbitan besar. Selain sebagai tokoh dunia pers Indonesia, dia juga kondang sebagai akademisi.

Lahir di Bondowoso dengan nama Suftalasifah pada 26 Juli 1933, Pia sudah melewati berbagai zaman sejak Indonesia belum merdeka, hingga di era digitalisasi dewasa ini. Selama itu, dia konsisten dengan dunia pers dan akademisi.

Tercatat sebagai pendiri Ikatan Mahasiswa Djakarta (IMADA), pernah menjabat Lektor Kepala Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI), dan Koordinator Pasca Sarjana Kajian Wilayah
Amerika dan Fakultas Sastra UI.

Pia juga menjadi salah seorang pendorong lahirnya American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), program beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar gratis di Amerika. Penggagas berbagai ajang fashion bergengsi ini juga aktif mendukung pelestarian kekayaan khazanah budaya Indonesia melalui Yayasan Pusaka Indonesia.

Di mata para desainer, sosoknya sangat inspiratif. Komitmen dari menantu sastrawan terkenal Sutan Takdir Alisjahbana ini di bidang pemberdayaan perempuan, juga sudah teruji. Tak heran jika pemerintah Perancis pada 2015 memberikan penghargaan Chevalier dans Lordre de la Legion d’Honneur kepada

Pia sebagai sosok perempuan yang dinilai menginspirasi dan dapat mengubah cara pandang perempuan Indonesia. Pia menjadi orang pertama di Tanah Air yang mendapatkan gelar
kehormatan tersebut.

Beberapa bulan lalu, desainer kenamaan Didi Budiardjo bahkan secara khusus merancang koleksi terbaru yang terinspirasi dari Pia untuk ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2017. Didi menyebut Pia sangat inspiratif dalam menumbuhkan dunia pendidikan maupun gaya hidup Indonesia.

Dia menempuh pendidikan tingginya di jurusan kesusasteraan Inggris modern di Universitas Cornell, Amerika Serikat pada tahun 1963.

Putri pasangan Prof. Ir. R Soerdjomihardjo dan Hisnat Djajadiningrat ini menikah dengan Sofyan Alisjahbana yang juga salah satu pendiri Femina Group. Andi Nursaiful | Istimewa

 

Women’s Obsession edisi Agustus 2017

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here