72 Indonesian Inspiring Women: Maya Miranda Ambarsari Presiden Direktur PT Tritunggal Agung Propertindo & PT Merdeka Cooper and Gold Tbk

Tak hanya konsisten dalam berbisnis, dia bertekad agar selalu dapat menciptakan peluang baru untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, sehingga bermanfaat bagi orang banyak.

Maya Miranda Ambarsari telah membuktikan dirinya sebagai perempuan tangguh dan pantang menyerah dalam menciptakan peluang berbisnis. Sebelum mengukir kisah cemerlang sebagai entrepreneur, jiwa wirausahanya telah terasah sejak menempuh studi internasional bisnis di Melbourne.

Perempuan yang pernah berkarier di perusahaan telekomunikasi dan advertising ini mengawali bisnis di bidang gold mining bersama teman-temannya. Meskipun, menekuni bisnis pertambangan yang ‘keras’ dan didominasi oleh para pria 11 tahun lamanya, dia tetap tampil modis.

Bersama suami tercinta, Andreas Reza Nazaruddin dan beberapa rekan bisnis lainnya, Maya mendirikan PT Merdeka Copper and Gold Tbk. Tak berhenti sampai di sana, ketertarikannya pada dunia arsitektur dan interior membawanya terjun ke bisnis properti.

Pemilik dan President Director PT Tritunggal Agung Propertindo ini meluncurkan Grand Dafam Cisarua (Condotel) dan guest house Elliottii Residence. Dia pun mengelola Gorjes Salon dan Hatice Boutique. Bisnis fashion ini dikelola bersama keempat sahabat wanitanya.

Selain disibukkan dengan beragam bisnis, Maya berperan dalam kegiatan sosial maupun organisasi. Impian anakanak kurang mampu untuk bisa belajar diwujudkannya lewat Rumah Belajar Miranda (RBM).

Saat ini, RBM memiliki 600 murid yang dikelola oleh 17 pengajar dengan pengelolaan manajemen profesional. Dia juga aktif sebagai Sekjen Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI), yaitu organisasi yang membantu kaum Hawa berkarya dalam berbagai profesi.

Putri Bengkulu ini juga gencar mempromosikan kota kelahirannya dengan memanfaatkan berbagai saluran komunikasi, seperti buku dan film untuk membantu pemerintah daerah melakukan destination branding.

Maya berharap keindahan akan Bengkulu bisa dikenal masyarakat luas dan semakin menarik kunjungan wisatawan. Menurutnya, berbisnis memang menarik dan banyak membuatnya merasa bahagia. Dia harus selalu mengerahkan segala kemampuan dan menyeimbangkan peran sebagai istri, ibu, dan pengusaha.

“Saat ini, fokus saya tidak hanya memperoleh profit, melainkan bisnis yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak. Agar barokah, bermanfaat, dan dimudahkan segala urusan,” tuturnya.

Kerja keras Maya sebagai pengusaha telah diapresiasi berbagai pihak. Dia pernah meraih penghargaan sebagai The Best Gold Mining of The Year dari ASEAN Business Award 2011. Tahun lalu, dia pun dianugerahi An Inspired Sociopreneur Award dari Property and Bank Awards 2016 dan Anugerah Wirausaha Indonesia 2016 dari Tras N CO Research Angie Diyya| Dok. Pribadi

 

Women’s Obsession edisi Agustus 2017

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here