Colonial Jakarta | A Perfect Plate from French

IMG_3266

 

Cita rasa kuliner di setiap negara memiliki keistimewaan yang tiada dua. Identitas rasa di antaranya terbentuk dari olahan rempah lokal, bahan protein yang hanya hidup di negara tersebut, atau unsur budaya yang terjaga dalam sepiring sajian. Meskipun dihidangkan di negara lain dan mengadaptasi hidangan lokal sebagai variasi menu, sajian autentik tetap menjadi bintang dan dicari. Itulah suasana yang kami rasakan saat bersantap siang di Colonial Cuisine and Molecular.

 

Restoran Prancis ini memiliki nilai lebih di lidah pencinta kuliner. Colonial Cuisine and Molecular adalah restoran Prancis pertama di Indonesia yang mengaplikasikan teknik memasak mocular ke dalam beberapa menu, termasuk mengapresiasi hidangan lokal. Untuk para wanita, Colonial Cuisine and Molecular juga siap melayani kegiatan kumpul atau arisan di kala senja dengan menu high tea  nan lezat menyehatkan.

 

Bertempat di upper ground floor Kemang Village, Colonial Cuisine and Molecular menghadirkan interior industrial Prancis di era 30-an. Dengan chandelier bergaya industrial, lantai kayu, dan warna dekorasi dominan cokelat meningkatkan gairah bersantap. Area restoran ini terbagi ke dalam tiga ruang, yakni dalam ruangan, luar ruangan, maupun private room. Sekitar 150 tamu dapat dilayani dalam pelayanan seating table, bila tema acara tanding party, restoran ini dapat memuat sekitar 300 tamu.

 

 

IMG_3205

Kini, saatnya berbagi cerita tentang hidangan yang menentukan kualitas restoran yang berdiri sejak empat tahun lalu. Ditemani oleh Geetika Sainani, owner & director of operations Colonial Cuisine and Molecular, kami dihidangkan menu lengkap khas Colonial Cuisine and Molecular. Escargot adalah hidangan wajib saat bersantap di restoran Prancis. Escargot A’la Bourguinonne menjadi pembuka makan siang. Tampilannya bergaya khas Prancis sekali, karena tersaji di dalam cetakan terakota yang khusus didatangkan dari Paris. Aroma tumisan bawang putih dalam mentega yang sedap menambah cita rasa escargot. Menu tersebut bisa disantap berdua dengan pasangan.

 

Hidangan utama yang kami santap adalah Grilled Tuna with Sauteed Vegetables and Balsamic Crème. Berpenampilan penuh selera dan berwarna berkat tumisan aneka sayuran. Bagian tengah merah muda daging tuna menandakan kematangan medium rare yang sempurna. Sepotong daging tuna di dalam mulut mampu menghidupkan senyuman lebar seketika. Perpaduan komponen rasa asin, manis, asam, dan segar tak hanya berhasil memuaskan rasa lapar, namun membawa sensasi kenikmatan yang istimewa.

 

IMG_3247

 

Pisang Goreng ‘Revisited’ salah satu hidangan yang mengangkat menu lokal Indonesia di Colonial Cuisine and Molecular. Tampilannya merupakan dekontruksi pisang goreng Indonesia pada umumnya, kali ini dihidangkan dengan caramel sauce, strawberry, and ice cream. Di dalam goreng pisang ini ada unsur kejutan, yaitu lelehan keju. Yummy, melting, dan crispy menyatu dalam satu gigitan.

 

 

IMG_3303IMG_3312

Antaran piring kelezatan belum berakhir hingga menjelang sore. Di jamuan istimewa tersebut, kami selalu menikmati hidangan dari rangkaian piring putih nan mengilap. Hidangan terakhir adalah Toblerone Molecular. Dari namanya, kita sudah menebak pengolahan menu ini dengan teknik kimia dalam makanan. “Minuman ini salah satu koktail modern andalan Colonial Cuisine and Molecular. Kami menggunakan teknik spherification, yakni menghidangkan koktail cair namun tidak dalam bentuk cair. Surprise. Anda harus buktikan sendiri,” goda Head Executive Chef Colonial Cuisine and Molecular, Zulkarnaini Dahlan. Benar saja, dari satu bola tersebut, kita dimabukkan dengan kekayaan rasa segelas koktail. Bulatan cantik yang kerap bergoyang ini langsung pecah di dalam mulut menyentakkan campuran vodka, baileys kahlua, dan remahan hazelnut yang manis. Penutup yang manis persis saat kita meninggalkan keindahan Paris yang kerap dirindukan. Bon Appetit. Silvy Riana Putri | Foto: Fikar Azmy

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi April 2016

 

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here