Yayasan Kanker Dunia

Di setiap tanggal 4 Februari, seluruh dunia serentak menyuarakan pentingnya deteksi dini terhadap kanker. Peringatan ini bertujuan meningkatkan langkah pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. Selain di Indonesia, masyarakat dunia telah bahu-membahu untuk melakukan deteksi dini ataupun pencegahan lewat yayasan. Kami pun mencermati sejumlah yayasan yang setia bergerak hingga saat ini untuk penanganan pasien kanker beserta keluarganya.

Foundation Livestrong

Yayasan ini didirikan oleh salah satu pebalap sepeda profesional Amerika Serikat, Lance Armstrong sejak 1997. Meski sang pendiri telah mundur dari jajaran dewan pengurus, kegiatannya tetap berlanjut hingga sekarang. Tidak hanya membantu para pasien kanker di berbagai daerah negara bagian, juga memiliki misi untuk memperbaiki kehidupan para penderita dan orang-orang yang di sekelilingnya. Pada tahun 1999, pengelola mulai memusatkan perhatian pada bidang survivor kanker, khususnya kebutuhan psiko-sosial praktis dan pasien kanker.

Foundation for Women’s Cancer

Bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kanker, Foundation for Women’s Cancer (FWC) juga ingin mendorong pentingnya pencegahan, deteksi dini, dan pengobatan optimal. Yayasan ini juga menyediakan dana khusus untuk penelitian dan pelatihan mengenai kanker. Berlokasi di Chicago, gerakan nyata juga dilakukan antara lain kampanye #EndWomensCancer yang dikemas dalam bentuk perlombaan lari. Menjadi bentuk dukungan nyata bagi semua wanita di seluruh dunia, National Race to End Women’s Cancer ke-8 telah berlangsung pada awal November tahun 2017.

The Cancer Foundation of Northeast Georgia

Menyadari dampak dan beban yang harus ditanggung pasien kanker sangatlah berat, The Cancer Foundation mengusung misi mengurangi beban keuangan setiap pasien kanker yang memenuhi syarat, salah satunya adalah yang berusia minimal 18 tahun. Organisasi nirlaba ini juga turut membantu pembayaran tagihan obat yang tidak terjangkau asuransi, bantuan nutrisi, hingga biaya transportasi. Selain itu, pengelola juga berusaha meng-cover perlengkapan medis, tagihan gas, listrik, dan kebutuhan air para pasien kanker. Sejak tahun 2009 silam, The Cancer Foundation telah menyediakan lebih dari US$1.000.000 untuk lebih dari 2.100 pasien kanker yang bermukim di Georgia sisi timur laut.

Cancer Foundation for New Mexico

Berdiri tahun 2003, Cancer Foundation for New Mexico didirikan untuk menyelamatkan nyawa lewat dukungan medis di Santa Fe. Yayasan ini didirikan secara khusus oleh para dokter kanker guna membantu kebutuhan pasien dan keluarganya yang terabaikan. Para dokter ini bergerak karena menyadari selain bantuan medis, adapula biaya non-medis yang juga membutuhkan anggaran besar.

Indah Kurniasih

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Februari 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here