Agar Gairah Tetap Menggelora

4

“Dalam urusan hubungan intim atau seks sebenarnya tidak pernah ada batasannya,” demikian ungkap Laura Berman, pakar seks dan terapis asal Amerika–dari Oprah Winfrey Network. Menurutnya, pendapat yang menyatakan kegiatan bercinta menjadi kurang penting seiring bertambahnya usia, itu tidaklah benar. “Usia sebenarnya tidak pernah membatasi dalam hal menikmati seksualitas dan fantasi,” Namun, kenyataannya semakin usia bertambah kadang-kadang dapat menyebabkan perubahan hormonal dan libido dalam tubuh maupun respon seksual. Ini dapat mempersulit kemampuan untuk menikmati seks,” jelas Dr. Laura.

Pernyataan tersebut memang ada benarnya. Perubahan tidak bisa dihindari, tetapi tidak pula jadi menghambat kehidupan seks di usia yang tak lagi muda. Cara terbaik untuk menghadapi perubahan adalah dengan bersikap terbuka dan jujur, membuat penyesuaian yang diperlukan untuk menjaga kehidupan seks tetap bersemangat dan memuaskan. Dengan resep ini, banyak wanita yang tak lagi berusia muda masih bisa aktif secara seksual.
Lakukan Kegel

Senam kegel menjaga panggul tetap kuat dan membantu untuk mencegah masalah pengontrolan kandung kemih. Selain itu, senam kegel dapat membantu Anda untuk menikmati seks lebih lama dan orgasme semakin kuat.
Sediakan Waktu

Sulit untuk merasa seksi dan bergairah jika Anda lelah akibat aktivitas sehari-hari. Pastikan untuk menyediakan waktu me time dan relaksasi. Pangkas dan kurangi kegiatan yang tidak perlu.
Lakukan Latihan

Seiring dengan bertambahnya usia, mempertahankan berat badan menjadi lebih sulit. Cara terbaik adalah dengan berkomitmen berolahraga. Latihan tiga hingga empat kali seminggu cukup menjaga tubuh tetap fit dan tidak mudah lelah.

Menjadi Proaktif

Kadang-kadang wanita menginginkan romansa atau spontanitas di kamar tidur, tetapi kurang berani  memulainya dan hanya menunggu pasangan melakukannya. Dalam kehidupan seks, penting untuk menjadi proaktif. Tanyakan kepada diri sendiri, “Apakah hal yang bisa saya lakukan untuk membuat pasangan merasa dicintai dan diinginkan?” Semakin banyak menyalurkan energi untuk pasangan, semakin Anda akan mendapatkan balasan yang lebih banyak lagi.

Posisi Seks

Tak seperti pasangan usia 20-an, di usia matang tujuan seks adalah mencapai keintiman dan menyalurkan energi cinta yang lebih untuk pasangan. Umumnya posisi yang dilakukan adalah gaya  spoon, misionaris, atau sex on the chair, agar bisa saling memeluk, membelai, dan menciptakan kedekatan, namun tidak menguras energi terlalu besar. Tetapi, tak ada salahnya untuk berkomunikasi dan  mencoba eksperimen posisi.

(Angie Diyya/Dari Berbagai Sumber. Foto: Istimewa)

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here