Agar Ruang Tak Sempit

Perhatian pada setiap inci penting dalam mendesain dan menata ruang agar terlihat nyaman. Namun beberapa kesalahan penataan bisa membuat ruang menjadi tampak kurang luas.

minimalist-contemporary-home-interior-design-of-narrow-living-room-ideas-headlining-the-charming-white-scheme-paint-walls-combine-gold-fabric-curtains-on-plantation-shutters-and-showing-o

Mencocokkan Segalanya

Apa yang salah? Mendekorasi seriap aspek ruang dalam warna dan pola yang sama terlalu cocok berarti membuat semuanya menjadi terlalu seragam.

Lakukan: Terapkanlah variasi dalam mix and match gaya sofa, bantal dan lainnya. Batasi tema untuk dinding atau furnitur saja, hindari tema ganda.

 

Wallpaper Warna Gelap

Apa yang salah? Pelapis dinding berwarna gelap menyerap cahaya sehingga menyebabkan ruang tampak lebih sempit dari yang sebenarnya.

Lakukan: Pergunakanlah warna cerah untuk membuat ruang tampak lebih luas. Bila tetap ingin menggunakan warna gelap aturlah sedemikian rupa dengan dinding bertekstur.

kitchen-design-ideas

Penempatan Furnitur

Apa yang salah? Menata furnitur bersandar ke dinding dapat meciptakan kesan area yang hampa di tengah ruangan dan membuat seluruh ruang terasa lebih kecil.

Lakukan: Atur furnitur menjauh dari dinding dengan cara yang strategis dan berkelompok. Jika lebih menyukai area terbuka, atur furniture berjarak beberapa inci dari agar dinding tampak lebih jauh ke belakang dan ruang tampak lebih lega.

Terlalu Banyak Ornamen

Apa yang salah? Menambahkan terlalu banyak pernak pernik di setiap sudut ruang justru membuat ruang yang lega sekalipun tampak sesak dan kurang rapi.

Lakukan: Buatlah tampilan barang favorit yang dapat diubah dan dipindahkan secara berkala. Jika Anda tidak ingin menyimpan pernak-pernik favorit, tempatkan rak khusus untuk pajangan agar tidak berada di sembarang tempat.

Tirai Rendah

Apa yang salah? Tirai yang menjuntai setengah memberikan kesan langit-langit yang lebih rendah.

Lakukan: Pilihlah tirai dari lantai ke langit-langit untuk membuat ruang dan jendela tampak lebih besar. Atau, tempatkanlah batang/rel tirai sedekat mungkin ke langit-langit dan panjang tirai setinggi jendela. Hal ini menciptakan ilusi langit-langit yang lebih tinggi.

 

narrow-living-room-designs

Furnitur Berlebih

Apa yang salah? Peletakan furnitur yang terlalu banyak dalam suatu ruangan akan membatasi luas area

Lakukan: Pindahkan beberapa furnitur ke ruangan lain di rumah. Sebuah bangku dapat dijadikan area baca yang nyaman di kamar tidur. Pastikan tidak ada furnitur yang memblokir jendela. Menghubungkan kamar dengan luar ruang akan menciptakan ilusi kedalaman dan membuat ruang terlihat lebih besar.

Pencahayaan Kurang

Apa yang salah? Kebanyakan ruang hanya diberikan satu lampu tengah yang menjadi satu-satunya sumber pencahayaan yang temaram. Hal ini membuat ruang berkesan lebih kecil.

Lakukan: Gunakan tiga buah lampu dan posisikan dengan tepat di suatu ruangan. Cahayanya akan memantul ke dinding dan mencapai area gelap. Jika tidak memungkinkan, pergunakan cermin untuk memantulkan cahaya alami ke seluruh ruang.

(Angie Diyya/Dari Berbagai Sumber. Foto: Istimewa)

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here