Asian Fashion Week 2014

afw3Surabaya kini mulai dikenal sebagai kota fesyen. Buktinya, Surabaya pertengahan Agustus lalu menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan Asian Fashion Week (AFW) 2014. Ajang ini menghadirkan 37 desainer internasional dari 12 negara untuk memamerkan karyanya.

AFW 2014 yang digelar di Hotel Java Paragon, Surabaya, antara 14-18 Agustus 2014, mengusung konsep Cultural Bridging. Pembukaan dilakukan di halaman Taman Surya, dihadiri walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Menurut President & CEO Group Fashion Weeks (GFW), Arwin Sharwa, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya juga merupakan tempat untuk berbagai jenis bisnis, termasuk bisnis fashion.

“Surabaya memiliki latar kekayaan budaya dan potensi inspirasi di bidang fashion. Hal itu juga berhubungan dengan berbagai penerbangan internasional yang bisa langsung dilakukan dari Surabaya,” tuturnya.

Selain itu, kota Surabaya mendapat predikat kota terbersih dari sisi pengelolaan lingkungan, sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan. “Kota ini memang sudah menyita perhatian dunia melalui keramahan warganya dan keberhasilannya mengelola lingkungan,” ungkap Arwin, pria berkebangsaan Malaysia.

Tahun 2014 adalah tahun keempat diselenggarakannya event ini. Sebelumnya, AFW dugelar pada 2011 di Guangzhou (China), 2012 di Ho Chi Min City (Vietnam), 2013 di Mauzuru City (Japan).

afw4afw1afw5

Di hari pertama, tampil beberapa koleksi busana dari perancang Tanah Air dan dari Srilanka. Beberapa karya koleksi perancang busana Indonesia, seperti, Nofena Veronica Gunaman, Sisca Design, Annyta Purnomo dan dari Srilanka, Sonali Dharmawardena, dibawakan dengan anggun oleh beberapa model dari Surabaya.

afw2Ke-37 desainer yang menampilkan karyanya, datang dari 14 negara yang kental dengan budaya dan fashionnya, yakni Rusia, Australia, India, Meksiko, Bangladesh, Malaysia, Brunei, Bolivia, Vietnam, Australia, Nepal, dan beberapa lainnya. Berbeda dnegan peragaan busana pada umumnya yang digelar di ballroom tertutup, AFW mengusung konsep fashion show di luar ruangan.

Pesta busana Asia di hari terakhir ditutup dengan penampilan para model yang menggenakan busana karya Bibi Russel, dengan belasan karyanya bertema Design For Life. Ia adalah wanita pertama dari Bangladesh yang memperoleh gelar Master dari Fakultas Fashion Design di London College of Fashion.

afw-yunita-kosasih2Hari terakhir juga menampilkan karya-karya desainer asal Vietnam, Thang Cong, Thanh Phuong Le, Le Tuan Cong, Doan Quynh Nhi, dan Nguyen Hoai Sang serta desainer tuan rumah, seperti, Nofena Veronica Gunaman, Yunita Kosasih, Anyta Poernomo, Sisca Designs, dan Rhy Surya.

 

Sumber foto: Pinterest AFW2014

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here