Earth Day: Ayo Cintai Bumi-mu, Nak!

Agar anak-anak  lebih mudah berperilaku mencintai bumi, berikut adalah contoh tindakan sederhana yang dapat dibiasakan kepada mereka saat di rumah.

  • Menghemat penggunaan air. Antara lain mematikan air saat sedang sikat gigi atau menggosok tangan dengan sabun ketika cuci tangan, dan tidak berlama-lama saat sedang mandi.
  • Menghemat penggunaan energi, antara lain mematikan perangkat elektronik yang tidak digunakan kembali, seperti TV, lampu, dan telepon genggam saat mau tidur atau di jam yang telah disepakati.
  • Membuang sampah pada tempatnya. Tidak hanya di rumah, tetapi juga di tempat lain seperti di tempat umum atau saat berkendara. Sediakan tempat sampah di mobil dan biasakan anak untuk menyimpan sampah, jika tidak ada tempat sampah yang ditemukan.
  • Memilah sampah. Biasakan agar anak-anak dapat memilah berbagai jenis sampah, seperti organik, unorganik/residu, dan sampah daur ulang. Khusus untuk sampah daur ulang, dapat diberikannya kepada pemulung. Ini menjadi pengalaman yang menyenangkan, sekaligus pembelajaran bagi anak-anak untuk membantu orang lain (pemulung)  dan berperan aktif menjaga bumi.
  • Mengurangi penggunaan kantong plastik. Alih-alih menggunakan kantong plastik yang akan menambah tumpukan sampah, biasakan anak menggunakan tas kain untuk keperluan sekolahnya. Contohkan pula bagaimana Anda juga menggunakan kantong/tas kain yang dibawa dari rumah saat berbelanja keperluan sehari-hari.
  • Menggunakan kertas bekas. Anak yang suka sekali menggambar terbiasa menggunakan kertas bekas yang halaman sebaliknya masih kosong untuk berkarya. Tindakan ini dapat menghemat penggunaan kertas.

Tentu masih banyak lagi hal nyata dan sederhana yang dapat dilakukan untuk bumi kita tercinta ini. Ayo, cintai bumi dan biasakan hidup go green!

 

Untuk mendapatkan artikel selengkapnya, baca di Women’s Obsession edisi April 2016

 

 

Rubrik ini diasuh oleh Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi.

Vera I Hadiwidjojo

Lulus dengan gelar sebagai psikolog pada tahun 2001 dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, ibu dari dua orang anak ini langsung memfokuskan diri pada psikologi anak & remaja.

Berpraktik di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (021-3145078) dan Rumah Anak Mandiri Depok (021-97797110).

Vera juga aktif sebagai psikolog di beberapa sekolah di area Jabodetabek, menjadi narasumber untuk media cetak dan elektronik, menjadi pembicara seminar/talkshow, maupun pakar
untuk produk mainan Mattel Fisher-Price.

 

 

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here