Batara Sianturi | Berani ‘Terbang’ Jauh

CEO Citi Indonesia

Karier bankir pria asal Sumatera Utara ini termasuk membanggakan. Tak terasa 29 tahun sudah Batara Sianturi mengabdi ke Citibank dengan masa 12 tahun dihabiskan di luar negeri. Sisanya 17 tahun dihabiskan di Citi Indonesia

Dia sukses mengukir sejarah masuk dalam jajaran direksi perbankan luar negeri, karena termasuk pria pertama Indonesia yang diangkat sebagai CEO Citi Hungary and Regional Head for city Hungary and the Balkan & Baltic (13 countries in Central Eastern Europe).

Peraih Master of Business Administration, Finance, St. John’s University ini mengawali kariernya di dunia perbankan sebagai management trainee pada tahun 1988. Loyalitas dan kemampuan yang mumpuni membuat peraih empat gelar sarjana dari beberapa universitas ternama Amerika ini dipercaya memegang posisi tinggi di Citibank.

Khususnya, setelah bertugas sebagai general manager-Overseas Mortgage Citi Australia dengan tanggung besar memajukan pasar properti, khususnya perumahan, di wilayah Singapura, Hong Kong, dan Indonesia. Sukses melaksanakan tugas tersebut, lelaki yang fasih berbahasa Perancis dan Inggris tersebut pernah menjalani sederet jabatan strategis.

Termasuk menjadi CEO Citi Philippines and Regional Head Citi Philippines and Guam. Lalu, sejak Juni 2015 diminta kembali ke Tanah Air sebagai CEO Citi Indonesia.

PENTINGNYA EMOTIONAL INTELIGENCE
Ketika ditanya apakah kiat suksesnya selama ini, dia langsung menjawab, “Sebenarnya sederhana, ya. Pertama, memang kita harus smart dan menjadi yang terbaik. Sifat kompetensi sebagai basic mesti dimiliki.

Tapi, agar kita menjadi berbeda dengan lainnya, ternyata Emotional Intelligence atau EQ berperan besar membuat seberapa tinggi karier kita nanti. Seperti ada pepatah mengatakan: ”It’s not about your aptitude (IQ), but it’s about your attitude (EQ), which will determine your altitude”.

Jadi, cara kita bersikaplah yang harus dijaga dalam bekerja, baik kepada atasan, bawahan, maupun partner bisnis. Batara melihat mereka yang sukses adalah orang-orang yang antara lain memiliki very good interpersonal skill.

Perwakilan Citibank tersebar ada di 100 negara. Jika kita kompeten dan tertarik mencoba pindah ke negara lain kesempatan akan selalu terbuka lebar. Tahun 2005 Batara memiliki impian ingin merasakan kehidupan sebagai expatriate banker.

Dia pun kemudian mendapat kesempatan emas dipindahkan ke Eropa Timur selama delapan tahun dari sebagai consumer head, hingga menjadi CEO Citi Hungary and Regional Head for city Hungary and the Balkan & Baltic membawahi sekitar 13 negara dengan 2000 staf. Kemudian 2013 dia ditantang menjabat CEO Citibank Philippine membawahi 8.000 karyawan selama dua tahun sebelum kembali ke Indonesia.

“Menurut saya tidak semua orang mau pindah bekerja ke luar negeri dengan membawa istri dan anak-anaknya yang masih kecil. Namun, saya merasa orang Indonesia itu sebenarnya mampu menjadi pemimpin perusahaan di negara lain. Nah, sewaktu saya diminta kembali ke Indonesia, saya datang membawa misi untuk membagikan pengalaman bekerja di luar negeri kepada para karyawan saya di sini,” ungkapnya dengan nada bersemangat.

Sebagai seorang leader, dia sudah mengalami ‘asam garam’ kehidupan berkarier. Tantangan dan kendala memang tak bisa lepas dari kehidupan manusia.

Pria kelahiran 26 Juni 1960 ini bercerita, “Situasi terberat yang pernah saya alami adalah saat terjadi eurozone crisis, Hungary di-downgrade, dari investment grade country menjadi non-investment grade country. Jadi, tidak ada pertumbuhan, bahkan malah -7%. Bagaimana kita bisa survive di situasi sulit, itu memerlukan skill khusus. Strategi saat situasi sedang naik akan berbeda saat ekonomi tengah buruk.

Salah satu yang saya lakukan saat itu adalah melakukan efisiensi di berbagai lini. Dengan pengalaman menghadapi situasi tersebut, saat pindah ke Indonesia yang pertumbuhannya mencapai sekitar 5% ini akan memberikan satu pengalaman yang lebih komplet untuk saya.” Elly Simanjuntak | Fikar Azmy

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Agustus 201

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here