Berapa Rekening Bank yang Harus Dimiliki?

Mungkin beberapa di antara para pembaca sering bertanya, idealnya berapa banyak rekening yang harus dimiliki? Umumnya di Indonesia, masing-masing individu bisa memiliki dua atau tiga rekening di bank berbeda.

Satu untuk kebutuhan payroll gaji, kebutuhan pribadi, dan yang terakhir karena mengambil kredit pinjaman di bank tersebut. Tidak sedikit pula yang memiliki akun rekening bank lebih dari tiga, sehingga kerap membingungkan.

Jadi, harus bagaimanakah sebaiknya? Setia pada satu bank sebenarnya memiliki banyak benefit, daripada memiliki terlalu banyak rekening di berbagai bank. Mengapa demikian?

Dari segi pengaturan, pengecekan, dan evaluasi pengeluaran akan lebih mudah jika kita dapat melihatnya di satu rekening bank dibandingkan di beberapa bank yang berbeda. Berikut ini adalah beragam manfaat yang dapat dirasakan.

Apabila membutuhkan mutasi rekening koran beberapa bulan ke belakang untuk suatu kebutuhan, maka akan lebih mudah jika kita hanya meminta dari satu bank saja.

Banyak rekening bank berarti banyak biaya administrasi atau lainnya yang ditanggung. Jika uang kita suatu saat mencukupi untuk menjadi nasabah prioritas di bank tersebut, maka akan lebih banyak keuntungan yang akan didapat.

2

Keuntungan menjadi nasabah prioritas
Anda bisa melakukan negosiasi fasilitas yang ditawarkan. Dari segi bunga bank untuk KPR, deposito, rate money changer, dan fasilitas lainnya.

Anda akan jauh lebih mudah meminta bukti keuangan berupa rekening koran asli, jika dibutuhkan untuk keperluan tertentu.

Seperti untuk memenuhi persyaratan menyekolahkan anak keluar negeri. Nasabah prioritas juga akan mendapatkan fasilitas seperti safe deposit box, unlimited cheque book facility, wealth management, executive lounge, dan lainnya.

Binalah hubungan baik dengan salah satu bank pilihan Anda. Jika harus memisahkan antara tabungan operasional dan tabungan dana darurat, maka Anda bisa membuat dua rekening di bank yang sama.

Gunakanlah fasilitas yang diberikan oleh bank tersebut seperti digital banking, pembukaan kartu kredit di bank tersebut, dan layanan lainnya.

Untuk lebih detail mengenai keuntungan dalam pengelolaan rekening di suatu bank, Anda bisa membaca buku FINCHICKUP 2; Financial Check Up for Investment Dummies.

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession November 2016

 

 

Rubrik ini diasuh oleh Farah Dini Novita, BA (Hons), RFA, CFP

img_07361

Perempuan lulusan The University of Nottingham, Malaysia ini adalah Vice CEO dan senior konsultan keuangan independen Janus Financial, perusahaan yang bergerak di bidang perencanaan keuangan individu dan bisnis.

Farah memiliki misi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam merencanakan keuangan sejak dini.

Dia juga mempunyai blog khusus perencanaan keuangan dari 2010, www.fin-chick-up.com yang empat tahun kemudian dijadikan sebuah buku berjudul FINCHICKUP: Financial Check Up For Ladies & Finchickup 2.

 

 

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here