Cegah Penipisan dan Kebotakan

Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang akan membawa dampak positif bagi kesehatan rambut dan kulit kepala, terutama buah maupun  sayur-sayuran yang mengandung flavonoid dan antioksidan.

0ef15ebf-3ed5-4621-bf1c-f56c36dd1f04

Alangkah berbahagianya seorang perempuan jika dianugerahi rambut tebal, berkilau, dan sehat. Bagi kaum hawa, rambut bagaikan mahkota yang selalu dijaga keindahannya. Tidak heran apabila para wanita memperlakukan rambut lebih istimewa, dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Rambut rontok pada wanita usia berapa pun dan alasan apapun akan berakibat menurunkan rasa percaya diri. Banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok, antara lain kondisi medis, genetika, perawatan rambut atau kulit kepala yang kurang tepat, dan perubahan hormonal.

Penyebab kerontokan lainnya adalah akibat sederet aktivitas di salon yang terlalu sering terpapar bahan kimia seperti hair spray ataupun pewarnaan, serta alat styling yang panas seperti hair dryer, pencatok, maupun curling iron. Kerusakan yang dapat dilihat antara lain rambut tidak hitam berkilau lagi, bahkan kusam dan kemerahan. Ada pula yang mengalami patah di tengah helai rambut, sehingga mempengaruhi penampilan.

Rambut dan kulit kepala yang berminyak juga dapat memicu kerontokan. Perawatan rambut sebaiknya dimulai dengan membersihkan kulit kepala dan rambut menggunakan shampo sesuai  jenis kulit kepala, baik itu normal, berminyak, maupun kering. Sebaiknya selalu gunakan sampo saat mencuci rambut atau kepala. Jika tidak, maka kulit mati dan kotoran akan melekat di kulit kepala, serta mengakibatkan timbulnya ketombe atau rasa gatal yang berujung pada kerontokan rambut.

Untuk rambut normal cukup dibersihkan tiga kali seminggu, sedangkan kondisi rambut cenderung berminyak sebaiknya keramas setiap hari menggunakan sampo khusus, agar kulit kepala tidak lembap. Demikian pula dengan rambut dan kulit kepala cenderung kering. Karena itulah, sangat diperlukan pemakaian sampo sesuai kondisi, agar tidak menjadi semakin parah.

Demi menghindari kerontokan dan penyakit kulit kepala, sebaiknya harus rajin membersihkan sisir secara berkala. Mengingat kondisi kulit kepala tiap orang berbeda-beda satu sama lain, disarankan  tidak berbagi sisir dengan orang lain.

Mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang akan membawa dampak positif bagi kesehatan rambut dan kulit kepala, terutama buah maupun sayur-sayuran yang mengandung flavonoid dan antioksidan. Atau vitamin ataupun mineral yang dapat melindungi folikel rambut, sekaligus  membantu pertumbuhan rambut seperti Vitamin B kompleks, Biotin, dan Zinc.

Kemudian, tidur cukup dan berolahraga teratur diyakini dapat mengurangi tingkat kerontokan. Jika metabolisme dalam keadaan cukup baik maka apapun makanan yang dikonsumsi dapat diserap dengan baik juga. Mengubah kebiasaan yang salah dan mulai menerapkan hidup sehat dipercaya akan dapat membawa dampak yang besar pada keindahan dan kesehatan rambut kita. Namun, jika beberapa tips di atas tetap belum dapat mengatasi permasalahan rambut, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke ahli perawatan rambut dan kulit kepala (trichologist) untuk menghindari masalah yang lebih serius.

Medison Hair Clinic

(Angie Diyya/dari berbagai sumber. Foto: Istimewa)

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here