Cozy Home Office

innovative-home-office-and-guest-room-and-ideas-design-gallery

Memiliki ruang kerja pribadi adalah hal yang menyenangkan. Terutama bagi sebagian orang yang mempunyai pekerjaan cukup banyak, sehingga memerlukan waktu tambahan untuk mengerjakan di rumah. Menyelesaikan pekerjaan akan leluasa, tanpa khawatir terganggu. Ruang kerja di rumah memang sebaiknya tertata senyaman mungkin dan mampu memenuhi semua hal yang dibutuhkan. Sama seperti ruang lainnya di rumah, ruang kerja pribadi juga mesti didesain apik dan menarik. Itulah sebabnya, ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat menyiapkan ruang kerja dalam rumah.

Urutan pertama adalah menentukan area kerja, bisa berupa sebuah ruangan, sudut ruangan di kamar, atau hanya sebuah meja di area kosong yang tersisa. Kemudian saatnya menentukan benda-benda apa yang harus diletakkan dalam area. Selain meja dan kursi, apakah diperlukan sebuah rak penyimpanan, sofa tambahan untuk jeda istirahat, dan sebagainya. Efisiensi sangat penting diterapkan, gunakan hanya peralatan yang paling dibutuhkan. Atur jaringan internet dan telepon di ruangan untuk fleksibilitas kerja.

Pemanfaatan cahaya alami untuk penerangan ruang perlu diperhatikan. Selain posisi penerangan lampu, akan lebih baik menggunakan pencahayaan alami matahari yang masuk dari jendela. Jika tingkat pencahayaan terlalu rendah, bisa menyebabkan munculnya efek psikologis negatif. Untuk suasana nyaman, pencahayaan cerah cenderung kuning adalah pilihan terbaik sebagai penetral suasana dari nuansa dingin ke hangat.

green-office-window_galWarna cat dinding ruang tidak hanya mendefinisikan area, tetapi juga mempengaruhi suasana hati dan membantu merasa lebih baik saat bekerja. Biru dan violet adalah warna dingin yang memberi rasa damai dan relaksasi. Sebagai warna dominan alam, hijau dianggap netral, membangkitkan rasa segar, ketenangan, dan menumbuhkan konsentrasi. Putih, gading, abu-abu, dan cokelat dapat membawa variasi. Warna-warna ini tidak mengalihkan perhatian dan dapat berpadu dengan warna terang favorit pengguna untuk pemberi vitalitas dan energi.

Kesehatan dan keselamatan juga mesti difokuskan. Oleh karena itu, barang-barang yang dipilih harus dirancang ergonomis. Saat ini telah banyak produsen kursi yang membuat penyesuaian signifikan demi kenyamanan pengguna komputer, seperti sandaran kursi, sandaran tangan, ganjalan kaki, dan kemudahan mobilitas. Meskipun, sama-sama bekerja kita menginginkan perbedaan kenyamanan posisi duduk antara di rumah dengan di kantor, bukan?

Tidak ada yang bisa bekerja secara efektif dalam kebisingan atau gangguan, itulah sebabnya tentukan tingkat privasi dari kegiatan di sekitar ruang. Terakhir, penting untuk memastikan bahwa ruang mencerminkan kepribadian pengguna dan berefek kenyamanan saat berada di sana. Memberikan sentuhan-sentuhan personal kecil, seperti benda favorit atau foto akan membuat ruangan terasa sangat cozy. (AD/Foto: Istimewa)

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here