Samsara | Destinasi Baru Jamuan Indonesia

 

Untuk melestarikan budaya negeri, kita bisa menempuh beragam cara. Salah satu yang mudah diterima adalah sajian kuliner. Baik wisatawan mancanegara maupun domestik selalu bersemangat mencoba sajian khas destinasi yang dikunjungi. Sebagai ibukota negara, Jakarta adalah kawasan representatif dalam menawarkan barisan restoran khas Indonesia.

 

Haseena Bharata & James de Rave

Pada pertengahan 2017, kawasan Gunawarman kembali diwarnai restoran baru. Samsara. Tampak luar bangunan restoran ini kental bernuansa Indonesia. Dengan sentuhan tirai berwarna merah yang menjulang tinggi di dinding serba berwarna putih.

Ketika memasuki restoran, kita disambut open bar, deretan lukisan sarat makna, dan dominasi aksen merah sepanjang mata memandang. Area restoran ini dapat menampung tamu sekitar 100 orang.

Terdapat area makan di dalam ruangan untuk pertemuan, seperti arisan ataupun high tea bersama kolega bisnis. Suasana ketika bersantap malam di sini terbilang romantis dengan pencahayaan yang mendukung berteman cahaya lilin di atas meja.

Saat Women’s Obsession berkunjung sebelum pembukaan restoran, James de Rave selaku communications & marketing director menemani dengan bersahabat. Pria yang selalu tampil dengan sentuhan kain Nusantara tersebut menjelaskan bahwa Samsara menawarkan destinasi baru menikmati hidangan Indonesia dari segi citarasa maupun suasana restoran.

Dalam hal citarasa, Chef Sambas S Herman yang memegang kendali sebagai corporate chef. Pria murah senyum ini berkata, “Hidangan Samsara Indonesia Cuisine selalu mengutamakan keunggulan bahan-bahan asli Indonesia, seperti rempah-rempah ataupun komponen yang hanya ada di Indonesia.

Tidak hanya itu, kami juga berupaya menyelipkan kisah di balik penyajian hidangan. Tujuannya, para tamu membawa kisah tersendiri dari kelima indera saat bersantap.”

Chef Sambas

Sajian pembuka yang kami nikmati adalah Martabak. Kerenyahan kulit diikuti tekstur daging dan sayuran yang terjaga di dalamnya mengawali jamuan dengan baik. Sambal colek dan acar menjadi pilihan yang kian menyempurnakan santapan.

Kemudian kami dimanjakan dengan tiga pilihan minuman yang warnanya benar-benar memikat mata. Pilihan utama kami adalah Pandan Merah Putih. Ketika menyeruput minuman ini kita dibawa ke berbagai sensasi rasa.

Yang terpenting, Anda harus mencampurnya dengan sempurna. Sebaiknya, terlebih dahulu menyeruput es krim stroberi di bagian atas untuk memberikan ruang ketika mengaduk berbagai elemen di sisi bawah, seperti puding pandan, stroberi, jus leci, lemon, dan es krim stroberi. Segar, kenyal, manis, dan asam menyatu dengan baik.

Sajian minuman lain adalah Smoothie Repoblik dan Daiquri HUT. Minuman yang terakhir adalah koktail dengan campuran jeli leci, stroberi, jus nanas, rum dry, dan orange liquer.

Sammy, sang mixologist menuturkan bahwa cara penyajian dan warna berperan penting dalam minuman. Sebelum memuaskan dahaga para tamu, tentu mata yang terlebih dahulu digoda.

Kembali ke menu makanan, untuk hidangan utamanya adalah Pepes Garam. Hidangan ini disajikan dengan unsur teatrikal, karena, chef Sambas yang menghidangkan dalam penyajian berbeda. Hidangan dibagi ke dalam dua sajian.

Sajian pertama berisi sayur urap, terong balado, sambal, dan keripik kentang balado. Sementara sajian lain adalah pepes ditutupi garam setelah dikukus. Sebelum menikmatinya, sang chef memecahkan garam yang mengelilingi pepes untuk mengeluarkan daging ikan yang nikmat tersebut.

Di hidangan penutup, lidah kami kian dimanjakan dengan Durian Lovers dan Es Podeng. Penyajian Es Podeng dibuat menawan tanpa menghilangkan citarasa es podeng yang akrab disantap. Sementara, Durian Lovers menyajikan olahan durian di dalam satu sajian, antara lain es krim dan pancake. Silvy Riana Putri | Fikar Azmy & Dok. Haseena Bharata Communications

 

Samsara

Jln. Gunawarman No. 16

Telepon: (021) 727 87110

Jam Operasional: 11.00-00.00

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here