Destinasi Tanpa Polusi

 Ada banyak alasan kita berlibur. Sekadar rileks, melepas kepenatan, menghindar dari rutinitas, atau rehat di lokasi yang sehat. Bila yang terakhir itu menjadi tujuan libur tengah tahun Anda, kami memiliki pilihan menarik. Ada sejumlah destinasi wisata sehat yang layak dikunjungi. Disebut sehat karena lokasi tersebut tak pernah sekalipun ternodai oleh polusi. Tak hanya ada di luar negeri, ada pula di dalam negeri.

 

 

Arborek-2Keindahan-di-Pagi-Hari-di-Raja-Ampat

 

Kita mulai dari pulau paling Timur Indonesia, yakni Papua. Tepatnya di Pulau Arborek yang terletak di Raja Ampat, Papua Barat. Kondisi pantainya bersih, laut nan jernih, dan tidak ada sampah. Di sini, kita tidak akan menemukan kendaraan bermotor.

 

 

 

- NTB - GILI TRAWANGAN - KIAT - 20102014Gili Trawangangili-islands

Bergeser sedikit ke bagian tengah Indonesia. Ada desa bernama Gili di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bebas dari polusi kendaraan bermotor. Kawasan tersebut terdiri dari tiga pulau indah, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Anda bisa bersantai tanpa lalu-lalang kendaraan bermotor. Sarana transportasi umum di sana adalah Cidomo, semacam kereta kuda khas Lombok. Transportasi yang lebih modern lagi adalah sepeda. Jadi, jangan coba-coba mengendarai mobil, motor atau speedboat kalau tidak ingin ditegur warga setempat. Mengingat aturan tersebut diberlakukan kepada semua wisatawan dan anggota masyakat. Alasannya, supaya kelestarian alam maupun kebersihan udara tetap terjaga.

 

 

 

 

 

 

img_0727

Di provinsi tetangga NTB, tepatnya di Flores, Nusa Tenggara Timur, pun tak mau kalah. Di sana ada Pulau Rinca yang disebut-sebut oleh para wisatawan sebagai surganya kegiatan trekking. Ada padang savana dengan kontur trek naik-turun dan meliuk. Jalur ini hanya diperuntukkan trekking, bukan bagi pengendara motor atau mobil.

 

 

 

 

 

IMG_6500

 

 

Lanjut ke Pulau Jawa, mari kita kunjungi Pulau Sempu, di Malang, Jawa Timur. Ini memang pulau yang cukup sepi karena tidak berpenghuni. Tapi akan ramai di malam minggu dan malam liburan lainnya. Kesegaran udaranya mungkin tidak dapat kita rasakan di daerah lain. Aliran udara bersih tercipta berkat kesadaran para wisatawan yang berjalan kaki untuk menuju ke sana.

 

 

 

 

 

 

 

9-giethoorn-triasteri-kontraktor-interior-kantor

 

Beranjak ke luar negeri, destinasi dengan tingkat polusi nol ada di negeri Oranye. Desa  Giethroon yang terletak di provinsi Overijssel,  kotamadya Steenwijkerland,  Belanda ini benar-benar super bersih. Kawasan yang sering disebut sebagai ‘Venesia dari Utara’ atau ‘Venesia dari Belanda’ tersebut benar-benar dijaga sebagai kota bebas polusi.

 

giethoorn-062015-07-09-12-49-14

Di sini area jalanan hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki dan sepeda. Transportasi lainnya menggunakan perahu. Lingkungannya dikelilingi  sungai-sungai nan jernih dan pepohonan hijau. Bahkan, Anda tidak akan menemukan satu pun sampah. Jangan heran pula kalau seluruh kegiatan di Giethoorn tidak menggunakan kendaraan bermotor. Bagi pendatang atau wisatawan, kano atau penyewaan perahu adalah pilihan transportasi  untuk berkeliling desa. Setiap hari, penduduk Giethoorn biasa menggunakan kanal sepanjang empat kilometer sebagai akses utama bagi desa yang berpenduduk kurang lebih sekitar 2620 orang.

Jika berkunjung ke sini, kita harus meletakkan kendaraan di luar desa. Untuk menjelajah ke dalam desa dapat mengayuh sepeda, menggunakan transportasi air atau berjalan kaki sembari menikmati rumah-rumah pertanian dari abad ke-18 yang  beratapkan jerami hingga sekarang. Desain setiap rumah memiliki akses langsung ke kanal atau jembatan kayu untuk menuju jalan raya. Ketika malam tiba, kerlap-kerlip rumah turut menghiasi keindahan rumah. Sahrudi |Foto: Istimewa

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here