Sumpit Sebagai Tradisi

Telah dikenal oleh masyarakat Cina sejak tahun 1200 sebelum Masehi, sumpit tidak hanya menjadi alat makan di beberapa negara. Terutama di wilayah Asia. Terbukti beberapa negara menjadikan sumpit sebagai bagian dari tradisi mereka. Cara penggunaan dan aturan di setiap negara pun berbeda-beda. Berikut negara yang menjadikan sumpit sebagai bagian dari tradisi mereka.

Didikan Sejak Dini di Vietnam

Jika Jepang, Korea, dan Cina memang terkenal dengan tradisi makan menggunakan sumpit, ternyata masih ada negara lain yang juga menjadikan penggunaan sumpit sebagai bagian dari tradisi. Salah satunya Vietnam. Anak-anak di negara ini, sudah mulai belajar menggunakan sumpit sejak duduk di bangku sekolah taman kanak-kanak.

Di usia yang masih dini, mereka akan diberikan sumpit sesuai dengan ukuran tangannya yang masih kecil. Proses belajar ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Pihak sekolah telah menyediakan guru atau pelatih khusus untuk mengajarkan anak-anak menggunakan sumpit dengan benar.

Larangan di Negeri Gajah Putih

Tidak hanya di Vietnam, meletakkan sumpit di atas nasi juga merupakan salah satu hal yang dilarang di Thailand, karena dianggap membawa efek negatif. Apalagi, jika menusukkannya ke atas nasi, karena dianggap menandakan kematian. Jika di tengah prosesi makan ingin meletakkan sumpit, cara yang benar adalah menyimpannya di sisi mangkuk dalam keadaan berbaring.

 

Indah K | Foto: Fikar Azmy

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan majalah cetak dan digital Women's Obsession edisi Oktober 2019