Fit Dengan Kardio

3Sebagai bagian organ tubuh yang paling penting, kesehatan jantung adalah hal utama. Berbicara tentang jantung pasti tidak terlepas dari proses mengalirnya darah dalam  tubuh kita. Peran penting organ tersebut dalam kehidupan menuntut kita untuk lebih memperhatikan kesehatannya. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk memelihara kesehatan, dengan berolahraga tentunya.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah kardio. Olahraga kadio berasal dari ‘Kardiovaskular’ bermakna segala sesuatu yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung atau sistem peredaran darah. Saat melakukannya, jantung akan berdetak lebih cepat. Otot-ototnya pun bergerak dengan lebih cepat untuk memompa proses sistem peredaran darah.

Olahraga kardio ada dalam berbagai macam jenis, seperti jogging, aerobic, bersepeda, berenang dan lainnya. Jika dilakukan secara rutin, kardio memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Memberikan energi dan daya tahan tubuh lebih Jantung akan dilatih menjadi semakin  kuat, agar tubuh bugar dan menghasilkan energi untuk tubuh.
  • Bagi yang memiliki porsi makan lebih dari biasanya, tetapi tidak melakukan program diet, maka lakukanlah olah raga kardio untuk tetap menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari bahaya obesitas. Olah raga ini dapat membantu tubuh mengontrol atau mempertahankan berat badan tetap ideal.
  • Mencegah terjadinya penyakit degeratif, seperti jantung, kolesterol, diabetes, dan stroke. Selain itu olahraga kardio dapat memperkuat organ paru-paru, sehingga sistem pernapasan tetap terjaga kesehatannya.
  • Semakin sehat jantung, maka semakin banyak darah yang terpompa ke otak, sehingga dapat menjaga kesehatan otak dan sistem tubuh tetap
  • Membakar kalori dalam tubuh dengan kapasitas yang banyak dan membantu menjaga tubuh tetap ramping.
  • Tubuh kita akan menjadi nyaman dan setiap berolah raga akan terasa menyenangkan, sehingga menghilangkan rasa jenuh. Kardio dapat mengeluarkan hormon endorphin untuk mood baik.

Terdapat banyak macam olah raga kardio yang dapat dilakukan antara lain:

Caricoa Corner Drill

Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, lutut agak ditekuk dan lengan di samping tubuh. Dorong kaki kanan dan cepat silangkan ke depan kaki kiri, putar pinggang kanan ke depan, dan lemparkan tumit kaki kiri di belakang tubuh. Dengan cepat, langkahkan kaki kiri ke belakang, ke kanan, dan kembali ke posisi semula. Lakukan pada sisi yang lain, ulangi sebanyak 10 kali.

Figure-8 Lunges

Lunges atau gerakan melangkah dimulai dengan berdiri tegak. Langkahkan kaki kanan ke belakang sejauh mungkin dan bawa kedua tangan ke sisi kiri pinggang. Dengan cepat, langkahkan kaki kanan menyusul kaki kiri, lalu angkat kedua tangan begitu kedua kaki bertemu. Lakukan pada sisi yang lain, sehingga gerakan tangan seolah sedang membentuk angka 8 (figure-8).

(Naskah: Abitri Negoro Hermanto/Dari Berbagai Sumber. Foto: Istimewa)

Women’s Obsession February Issue

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here