Furnitur Luar Ruangan

Sebelum membeli furnitur, ukur terlebih dahulu ruang yang akan dipakai untuk menata furnitur. Tujuannya agar masih tersisa ruang bebas untuk Anda bergerak atau berolahraga di alam. Pertimbangkan pula keberadaan pepohonan dan datangnya sinar matahari untuk kemudahan perawatan dan kebersihan furnitur. Mengingat Indonesia mengalami dua musim, yaitu musim panas dan hujan, sebaiknya pilihlah furnitur yang kuat menghadapi paparan terik matahari, sekaligus derasnya hujan.

 

Jenis dan perawatan furnitur

Ketika Anda sudah menemukan ukuran dan desain furnitur yang disukai, pertimbangkan pula bahan pembuatan furnitur yang ingin dibeli. Apakah Anda puas dengan satu furnitur untuk selamanya atau menginginkan variasi yang lain. Berikut tiga jenis furnitur yang disarankan dan cara perawatannya.

 

chairs

 

 

Kayu

Furnitur ini banyak digemari masyarakat Indonesia dan dunia. Dari segi kualitas, tahan, dan kokoh dengan segala perubahan cuaca. Dari sisi desain, kayu jati selalu memikat dengan tampilan alami semburat kayu. Tetapi yang perlu diingat, ketika memilih furnitur berbahan kayu, Anda tidak bisa dengan mudahnya memindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Untuk    perawatan furnitur kayu, Anda cukup membersihkannya dengan air sabun.

 

 

 

 

 

Rotan

sofa garden

Furnitur berbahan rotan juga menjadi pilihan favorit, ketika menata luar ruangan. Dibandingkan kayu jati, rotan lebih mudah dipindahkan, bila Anda ingin mengubah tata letak furnitur. Namun, rotan tidak terlalu kuat dengan terik sinar matahari dibandingkan kayu jati. Warnanya lebih cepat memudar. Oleh karena itu, ketika memilih furnitur rotan sertai dengan payung atau letakkan di teras ruangan    dalam. Untuk perawatannya, cukup membersihkannya dengan lap kering secara berkala.

 

 

 

 

 

 

GoModernFurniture_983017_CanelineCaveswingsuspende.jpg_1440228243

Metal

Bahan metal lebih ringan dibandingkan dua furnitur lainnya. Furnitur metal akan tahan dari kondisi panas dan hujan. Namun, bila hujan turun tanpa henti, sebaiknya furnitur dipindahkan  ke dalam ruangan untuk mencegah karatan. Lalu, dibersihkan dengan lap kering dan secara berkala diberi semprotan pelapis alumunium, agar tetap mengilap penampilannya.

(Silvy Riana Putri, Foto: Istimewa)

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here