Hang Your Artwork

Cara yang baik untuk memastikan penempatannya pada ketinggian yang tepat adalah menggantungnya seukuran panjang tangan dari atas sofa.

orange-and-black-interior-artwork-ideas  

Menambahkan pajangan berupa karya seni atau artwork merupakan salah satu cara menambahkan sentuhan indah pada ruangan. Tetapi, sebenarnya proses untuk mengatur penempatannya bisa sedikit membingungkan. Seorang ahli penataan ruang memberikan panduan bagaimana menggantung karya seni tersebut, agar ruang dalam rumah tampak seperti sebuah galeri dalam waktu singkat.

Ruang tamu biasanya menjadi area terbesar di rumah dan memiliki dinding cukup luas untuk dijadikan penempatan galeri seni. Kita dapat menggabungkan karya seni yang hendak dipajang mulai dari bingkai foto hingga lukisan.

 

big-modern-art

Atur Ketinggian

Pastikan karya seni digantung pada ketinggian yang tepat. “Banyak orang cenderung meletakkannya  terlalu tinggi,” kata Linda Crisolo, direktur merchandising Art.com. “Pusat gambar harus sejajar dengan mata.” Di ruang keluarga, tempat di mana orang biasanya duduk, karya seni bisa digantung sedikit lebih rendah. Cara yang baik untuk memastikan penempatannya pada ketinggian yang tepat adalah menggantungnya seukuran panjang tangan dari atas sofa. Bila mengikuti standar galeri seni, pusat lukisan kira-kira ditempatkan 150 cm dari lantai.

Sesuai Skala

Kesalahan dalam menggantung benda seni di atas sofa, rak, maupun meja adalah terkadang tidak sesuai skala. Bingkai yang terlalu kecil atau besar akan membuat seluruh susunan terlihat kurang pas. Pastikan karya seni setidaknya dua pertiga ukuran sofa atau rak.

Tambahkan Penyeimbang Visual

Ketika menggantung beberapa bingkai sebagai satu kesatuan, keseimbangan visual sangat penting. “Dalam pengaturan sekumpulan karya seni, tempatkan yang lebih besar di kiri atas dan kanan bawah,” papar Linda. Dia menjelaskan, hal ini berguna untuk menyeimbangkan berat tiap pajangan, karena sapuan mata biasanya dimulai di sebelah kiri. Jika jumlahnya hanya satu yang besar dan lainnya kecil, tempatkan bingkai terberat di tengah.

eclectic-home-2

Patuhi Simetri

Pengaturan penempatan yang simetris menciptakan kesan mencolok namun sederhana. “Penggunaan bingkai yang sama menciptakan kesan homogen,” jelas Crisolo. Gantung sekumpulan bingkai dalam bentuk grid atau garis bantu. Ini adalah cara yang aman untuk membuat pernyataan besar sambil tetap fokus pada masing-masing bingkai.

1613002a7f42e9eb082b012abf48e569

Tentukan Titik Fokus

Sebuah ruang dapat memiliki lebih dari satu sudut atau area yang menarik perhatian saat pertama memasukinya. Tentukan satu titik yang akan menentukan fokus ruang. Pastikan semua elemen desain kamar memiliki beberapa area kosong untuk menghindari tampilan berantakan.

Kombinasi Warna

Jangan abaikan pengaruh warna sebagai kunci. Pilihlah karya seni dengan warna menarik yang sesuai  desain ruang. Sebuah karya seni berwarna senada atau saling melengkapi juga dapat diterapkan. Pertimbangkan pula warna dinding, perabotan, bantal, dan tirai untuk palet warna yang bernuansa sama  dengan karya seni.

(Angie Diyya/ Foto: Istimewa)

 

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here