Imelda Budiman | Tak Sekadar Kontes Kecantikan

Imelda Budiman
Imelda Budiman

Ikut serta dalam kontes kecantikan yang dikhususkan untuk wanita yang sudah menikah, bagi Imelda Budiman ajang tersebut tak sekadar pamer kecantikan dan keindahan tubuh belaka.

Misinya mengikuti Mrs. Asia USA 2013 dan Mrs. Indonesia World 2014 adalah untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia internasional dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan bermasyarakat.

Apalagi, khususnya dalam ajang Mrs. Indonesia World 2014, Indonesia belum pernah mengirimkan perwakilannya, padahal kontes kecantikan ini sudah berjalan sejak 30 tahun lalu.

Bagi Imelda, kecantikan tidak ada artinya bila tidak membawa berkah bagi sesama.
Dia pun terpilih menyandang predikat Mrs. Indonesia World 2014, karena terbukti  kerap melakukan kegiatan sosial atau pelayanan masyarakat yang bermanfaat bagi banyak orang dan aktif mensosialisasikan budaya Tanah Air.

“Saya mendapat gelar tersebut  setelah berhasil menjadi pemenang runner up di kompetisi Mrs. Asia USA bersaing dengan para finalis dari negara Asia yang berada di Amerika Serikat. Virgelia Production penyelenggara Mrs Asia USA kemudian memilih saya untuk mengikuti ajang Mrs. World 2014,” ujar perempuan yang memiliki tiga anak ini.

 

IMG-20160929-WA0002

Giat Perkenalkan Budaya Indonesia

Bersama Arcinda (Art and Cultural of Indonesia), Imelda tak pernah lelah mempertunjukkan  budaya Indonesia baik melalui tarian, musik ataupun pentas seni di berbagai daerah di Colorado.

Dia melanjutkan, “Selama 11 tahun terakhir, pengenalan budaya pun terus aktif berjalan melalui Annual Indonesian Food Bazaar yang dilakukan bersama Riverside Indonesian Fellowship dan Global Refuge Internasional. Pengenalan budaya melalui makanan sangatlah efektif, mengingat 90% pelanggannya adalah orang Amerika dan mereka ternyata sangat menyukainya.”

Sekitar 20 jenis makanan Indonesia dipasarkan tiap tahun dan hasil keuntungan penjualannya disalurkan untuk bantuan pengobatan, klinik medis, dan bantuan lainnya di Indonesia, Haiti, Uganda, Burma, dan lainnya. Untuk Indonesia, bantuan diberikan kepada Yayasan El Safan (yayasan panti asuhan anak buta di Jakarta). Elly Simanjuntak | Fikar Azmy & Dok. Pribadi

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Januari 2017

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here