Interior Ruang, Tak Sekadar Warna

cozy-living-room-paint-color-and-style-with-white-vitrage-sofa-brown-floor-carpet-and-table Jika menginginkan kamar berenergi dan menjadi tempat hangat untuk bersantai setelah hari yang panjang, warna adalah kunci untuk membuat ruangan terasa seperti yang Anda inginkan.

 

Warna memberikan pengaruh kuat dalam kehidupan kita sehari-hari, jelas DeAnna Radaj, seorang desainer interior. Dengan memahami psikologi warna yang mengidentifikasi efek psikologi terhadap pikiran dan tubuh, kita dapat merancang nuansa warna kamar sesuai pilihan masing-masing. Warna adalah preferensi personal. Namun, dengan memperhatikan gaya desain, estetika rumah, dan selera pribadi menjadi cara untuk menemukan kepribadian warna Anda sesungguhnya.
Beberapa hal berikut perlu diperhatikan sebelum menerapkan skema warna baru pada ruangan di rumah kita.

Intensitas Cahaya

Warna adalah refleksi dari cahaya, sehingga banyaknya  cahaya di ruangan akan berdampak signifikan pada skema warna. Cahaya alami maupun dari  lampu akan mempengaruhi warna pada kain, cat, furnitur, dan permukaan lainnya. Warna tentu akan semakin tampak terang, jika intensitas cahaya ruangan cukup.

 

blue-living-room

Sesuaikan Elemen

Andrea Piontek dari Olympic Paint mengungkapkan, cat dinding memiliki banyak pilihan dan dapat disesuaikan dengan hampir semua warna, maka sebaiknya dipilih belakangan. Mulailah dengan  penentuan warna pada elemen ruang yang kurang fleksibel, seperti furnitur, kain atau karpet, langit-langit, maupun wallpaper terlebih dahulu.

Area Warna

Jika hendak bereksperimen mencoba warna baru, tentukan area yang ingin diterapkan. Misalnya, pilihan warna skup kecil  pada  bantal sofa, vas, dan aksesoris lainnya yang digunakan untuk menambah daya tarik visual. Untuk ruangan serba putih atau monokrom, warna cerah seperti merah bisa  diterapkan sebagai pop up color. Pilihan untuk warna yang tidak dominan umumnya digunakan untuk furnitur seperti sofa, meja makan, atau rak buku. Sementara, warna dominan diterapkan pada dinding dan langit-langit demi memberikan mayoritas warna.

 

inspiring room

Mempengaruhi Mood

Ketika menentukan warna dominan, pertimbangkan suasana ruangan. Warna-warna lembut, sejuk, dan netral menciptakan perasaan lebih tenang di kamar tidur. Untuk ruang makan sebagai tempat bersosialisasi,  pergunakanlah  warna sedikit lebih cerah untuk menambah suasana akrab dan formal, seperti biru kehijauan yang lebih netral. Sementara, bila ingin menciptakan energi aktif pada kamar anak-anak, gunakan saja warna-warni cerah.

Mencoba Pilihan Warna

Kita mungkin penasaran seperti apa tampilan ruangan dengan skema rona baru. Sebelum benar-benar mengaplikasikan warna pada dinding seluruh ruang, kita dapat mencobanya di ruang kecil atau satu permukaan dinding terlebih dahulu untuk melihat hasilnya. Jangan takut untuk melampaui zona kenyamanan. Tentukan warna utama dan aksen dari pilihan warna cerah maupun netral. Atau terapkan warna yang lebih kuat di langit-langit untuk mengubah seluruh tampilan ruangan secara dramatis.

(Angie Diyya @angiediyya/ Dari Berbagai Sumber. Foto: Istimewa)

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here