Komitmen Regulator di Fintech

fintech

Indonesia Banking Expo 2017 (IBEX) telah dihelat beberapa waktu lalu selama dua hari di Jakarta Convention Center (JCC). Tahun ini, Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) sebagai penyelenggara mengusung tema Transformasi Industri Perbankan, Jawaban Terhadap Revolusi Teknologi Digital.

Salah satu capaiannya menjawab perubahan perilaku konsumen dan kian merangkul kontribusi generasi milenial. Atensi positif tentang digitalisasi perbankan tidak hanya datang dari pengunjung, turut diapresiasi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang hadir di hari kedua IBEX 2017.

 

Selama dua hari, pameran perbankan tersebut diikuti oleh 10 bank, tiga perusahaan telekomunikasi, dan 10 perusahaan fintech. Pameran dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Direktur Utama Bank
Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, dan Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja.

Setelah itu, diadakan pula rangkaian seminar menarik yang mengupas berbagai tren gaya hidup masyarakat berdampak pula dengan perilaku di perbankan.

Digitalisasi juga telah merambah ke sektor perbankan selama satu dekade. Semua pihak turut berkembang dalam inovasi financial technology (fintech), termasuk pihak regulator.

Ditjen PPI Kominfo Republik Indonesia Ahmad Ramli menjabarkan data terkini bahwa internet user saat ini mencapai 132 juta orang atau 50% dari jumlah penduduk Indonesia.

Didukung pula oleh data penelitian perilaku masyarakat saat ini menghabiskan waktu selama empat jam di depan desktop dan tiga jam dengan gawai pintar.

Kebiasaan tersebut ikut menciptakan tren serba mudah, cepat, nyaman, dan langsung kena ke masing-masing individu.

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Oktober 2017

 

Rubrik ini diasuh oleh Farah Dini Novita, BA (Hons), RFA, CFP

Perempuan lulusan The University of Nottingham, Malaysia ini adalah Vice CEO dan senior konsultan keuangan independen Jouska Financial, perusahaan yang bergerak di bidang perencanaan keuangan individu dan bisnis. Farah memiliki misi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam merencanakan keuangan sejak dini. Dia juga mempunyai blog khusus perencanaan keuangan dari 2010, www.fin-chick-up.com yang empat tahun kemudian dijadikan sebuah buku berjudul FINCHICKUP: Financial Check Up For Ladies & Finchickup 2. Kontak: farah@jouska.financial

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here