Kuku, Ungkap Tanda Kesehatan

Sebagai salah satu bagian tubuh yang tampak, ada baiknya kita menyediakan waktu khusus untuk merawat kebersihan dan kesehatan kuku. Tahukah Anda bahwa kuku mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan maupun gaya hidup seseorang?

Manicures

Pertumbuhan

  • Kuku tangan yang dominan sering dipakai—biasanya tangan kanan–tumbuh lebih cepat dari kuku jari tangan lainnya. Kuku tumbuh rata-rata 3,5 milimeter dalam waktu sebulan, sedangkan kuku kaki berkisar 1,6 milimeter. Itulah sebabnya, kita mungkin merasa kuku di satu sisi tangan memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dari lainnya.
  • Sebagian besar kuku terdiri dari keratin, zat protein berserat yang  juga ditemukan pada rambut. Meskipun kuku tampak rapuh dan mudah patah, hal ini karena 96% Meskipun demikian struktur kuku lebih tahan terhadap fraktur.
  • Seluruh tubuh dapat mengeluarkan keringat, kecuali kuku. Suhu mempengaruhi pertumbuhan kuku dan tumbuh lebih cepat di musim panas dan kondisi hangat. Di musim dingin tingkat pertumbuhannya
  • Kuku jari pria cenderung tumbuh lebih cepat dari wanita. Namun, kuku perempuan tumbuh lebih pesat selama kehamilan.

 

Merawat Kuku

  • Jika Anda suka mewarnai kuku, hapus cat kuku setidaknya sekali seminggu, dan biarkan kuku Anda bernapas selama minimal 24 jam sebelum kembali menerapkan cat kuku. Kita juga bisa menggunakan waktu ini untuk melakukan perawatan untuk memperkuat kuku.
  • Meskipun aseton sering digunakan untuk menghapus nail polish, sebenarnya zat tersebut kurang baik untuk kuku. Pilihlah penghapus cat kuku yang tidak mengandung aseton, namun sama fungsinya dengan aseton.
  • Kutikula di sekitar kuku berfungsi untuk mengunci kelembapan, sehingga membuat kuku kuat. Tidak hanya itu, kutikula juga menjaga agar tidak ada kuman masuk. Pastikan untuk tidak menghilangkan kutikula, cukup dirapikan ke tepian kuku. Kutikula kering menunjukkan tingkat dehidrasi. Disarankan menggunakan minyak khusus untuk membantu melembabkan kutikula.

 

Tanda Kesehatan

  • Kuku membutuhkan darah, oksigen, dan nutrisi untuk pertumbuhan yang tepat. Cedera pada kuku sebagian besar setelah menjadi hitam dan biru. Darah yang digunakan oleh lempeng kuku setelah cedera membuat kuku berubah kehitaman dan mem
  • Kuku dapat memberitahu banyak hal tentang kesehatan. Warna kuku bisa menunjukkan bahwa tubuh seseorang tidak mampu menyerap mineral dengan benar atau memiliki asam lambung rendah, sehingga makanan tidak tercerna maupun terserap dengan baik.
  • Kuku yang mengelupas adalah tanda kurang asupan gizi. Sama halnya dengan jika kuku tampak pucat, seseorang mungkin memiliki kelainan darah atau anemia yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah. Ini terkait dengan kebutuhan Vitamin A dan zat besi. Selain itu, faktor lainnya adalah matahari, air, atau kerusakan akibat bahan kimia. Lebih jauh, kuku pucat juga bisa menjadi tanda diabetes awal atau penyakit hati, keduanya dapat menyebabkan aliran darah terganggu.
  • Bintik-bintik putih pada kuku bukan semata-mata karena defisiensi kalsium. Ini adalah mitos yang sangat populer. Hal ini terjadi mungkin karena faktor kekurangan kalsium, seng, vitamin atau ada alasan lain. Selain itu kekurangan gizi, tekanan, atau trauma pada lempeng kuku juga dapat membuat white spot. Bintik-bintik atau garis putih pada kuku menunjukkan bahwa konsumsi gula harian terlalu tinggi. Cobalah untuk menambah asupan serat dan sayuran.
  • Kuku berwarna kekuningan dan maupun terjadi penebalan dapat dikaitkan akibat merokok, memakai cat kuku terlalu sering tanpa base coat, atau jamur kuku. Cobalah untuk membiarkan kuku tanpa kuteks beberapa hari setiap beberapa minggu atau selalu menggunakan base coat sebelum melakukan pewarnaan.
  • Jika kuku rapuh, disinyalir adanya masalah pada tiroid. Hormon tiroid yang terlalu sedikit menyebabkan rambut rontok dan kuku rapuh maupun tumbuh sangat lambat. Atau bisa menunjukkan gangguan pada hati dari kurang asupan sayuran.

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here