Unsual Vacation

Berlibur kini sudah menjadi agenda wajib keluarga kelas menengah di Indonesia. Manfaat liburan memang luar biasa, bukan hanya bagi kesehatan jiwa tapi juga fisik kita. Dr. Lucy Goundry, direktur medis Nuffield Health melalui hasil penelitiannya The Holiday Health Experiment menunjukkan bahwa liburan mengurangi tekanan darah, serangan jantung, pola tidur yang baik, dan tingkat stres jadi  menurun.

Berikut adalah tempat wisata yang menawarkan pengalaman liburan di luar kebiasaan, baik dari kegiatan maupun keindahan panorama. Dijamin Anda merasakan sesuatu yang baru dan tak akan terlupakan seumur hidup.

 

 

Inverary_Jail_001

 

Wisata Penjara

“Welcome to Inveraray Jail,” sapa seorang sipir begitu pengunjung memasuki pintu gerbang penjara yang kini sudah beralih fungsi menjadi destinasi wisata. Suasana mencekam layaknya sebuah penjara yang sepi sangat terasa begitu menginjakkan kaki di halaman.

Inveraray jail dulunya adalah tempat yang terkenal cukup ketat penjagaannya. Penjara ini dibangun di awal abad ke-19 di Skotlandia. Walaupun berubah fungsi menjadi tempat wisata, Inveraray tetap mempertahankan suasana asli penjara. Bisa dikatakan inilah kelebihan rumah tahanan yang terletak di Church Square, Inveraray, Skotlandia ini.

Di sini, Anda akan dijelaskan seluk-beluk tentang penjara. Mulai dari  narapidana ditangkap, diadili, dimasukkan ke dalam ruang tahanan, hingga dieksekusi mati.

 

Inveraray_Jail_hammock

Untuk bisa mengikuti paket wisata ini, pengunjung cukup membayar tiket sebesar  £8,95 atau sebesar Rp187.000 untuk dewasa, £7,50 atau sekitar Rp156.000 untuk remaja, dan £4,95 atau sekitar Rp100.000 untuk anak-anak usia 5 hingga 16 tahun.

Pada bulan April sampai Oktober penjara ini buka dari pukul 09.30 hingga 18.00 waktu setempat, sedangkan pada November sampai Maret penjara mulai beroperasi pada  pukul 10.00 hingga 17.00 waktu setempat.

 

 

 

 

 

 

 

Imagebild_SIB_300x200

 

Berkemah di Udara

Berkemah di pegunungan mungkin sudah biasa dilakukan, tapi bagaimana jika berkemah sambil bergelantungan di pohon atau tebing? Di Pfronten, Bavaria, Jerman, sensasi kemah yang menantang ini dapat dirasakan. Waldseilgarten adalah resor petualangan gunung dengan sensasi kemah yang mendebarkan di padang gurun. Area kemah berada di bagian puncak gunung dan bagi para tamu yang berani dapat bermalam di batang besar pohon, di atas tebing, atau membangun igloo.

Kemah hanya diadakan saat musim panas tiba. Para pengunjung tidak perlu khawatir soal pengamanan karena peralatan yang digunakan seperti standar perlengkapan para pemanjat tebing. Tenda-tenda tersebut tersusun dengan rangka berbahan logam, diselimuti kain, dan digantung pada titik tertentu. Untuk tenda yang menggantung di cabang pohon besar, pengunjung bisa menaiki tali untuk mencapai tenda.

 

headerbild-sib_1650x570px_01

Para tamu dapat memilih ketinggian tenda yang menggantung di tebing sesuai kategori yang disediakan. Terdapat pilihan ketinggian 1000 hingga 2000 meter atau kategori menengah antara ketinggian 100 – 300 meter.

Meskipun, fasilitas yang diberikan hanyalah tenda kecil yang tergantung, wisatawan harus membayar cukup mahal untuk merasakan sensasi mendebarkan ini. Untuk satu malam, tamu-tamu akan dikenakan biaya sebesar Rp11,4 juta dengan tenda yang memuat dua orang.

 

 

 

 

Paus kaikoura coastline_672x420

Menikmati Mamalia Laut 

Kaikoura dikenal sebagai surga untuk mengamati paus di Selandia Baru. Untuk para traveler pecinta binatang bisa menikmati secara live  rombongan ikan paus yang sering terlihat di lepas pantai. Merupakan suatu kesempatan menggembirakan sekaligus menggemaskan untuk dapat melihat dari dekat aneka jenis ikan paus di sana.  Bahkan, bila keadaan memungkinkan, kita juga juga mendapat kesempatan berenang dengan anjing laut berbulu atau lumba-lumba dusky. Itulah kelebihan khusus Kaikoura, tempat  pertemuan mamalia laut tersebut yang tinggal secara permanen di perairan pesisir.

 

 

 

Paus - Kaikoura-Canterbury-Chris-McLennan

Ikan paus sangat sering terlihat di perairan Kaikoura, karena terdapat ngarai di bawah air sepanjang dua kilometer yang berada di samping pantai. Dalam palung raksasa ini dua arus laut yang kuat bertemu, menarik makanan ke permukaan air  maupun  ikan dalam jumlah besar. Agar bisa dinikmati secara maksimal, sebaiknya kita menggunakan perahu pesiar atau dari udara untuk melihat ikan paus secara langsung sedang menikmati makanan bergizi di  laut.

Tak heran Kaikoura menjadi basis bagi segala macam pengalaman berlibur dengan margasatwa dan tempat ini juga sempurna untuk menyantap lobster air tawar. Dalam bahasa Maori sendiri, ‘kai’ berarti makanan dan ‘koura’ bermakna  lobster air tawar. Untuk menuju tempat ini  hanya memakan waktu dua jam perjalanan ke utara Christchurch dan tepat sekali untuk menjadi perjalanan wisata berbeda di liburan kali ini. BUN / Istimewa

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here