Lobbying for Everyone or PR?

PR Talk

Kemampuan melobi erat dengan salah satu kompetensi seorang Public Relations (PR).
Dalam menjalankan berbagai aktivitas dan berhadapan dengan stakeholders, PR sering
menemui berbagai perbedaan pemahaman.

Bila tidak dihadapi dengan baik akan melahirkan persoalan-persoalan baru yang lebih besar dampaknya. Di situlah, kemampuan melobi dimanfaatkan secara optimal.

Lobbying dimaknai sebagai upaya melakukan pendekatan secara tidak resmi. Menurut AB Susanto, ini merupakan usaha mempengaruhi pihak-pihak tertentu, agar terbentuk
sudut pandang positif dalam mencapai tujuan suatu organisasi ataupun perusahaan.

 

PR Talk

Dari perspektif komunikasi, lobbying termasuk dalam kategori komunikasi antarpribadi dan
didefinisikan sebagai pertukaran pendapat, pandangan, atau gagasan.

Biasanya dilakukan dalam bentuk tatap muka, sehingga memungkinkan setiap pihak merespon langsung dari reaksi lawan bicaranya. Perjumpaan tersebut juga berguna meminimalisasi kesalahan intepretasi dan membangun ikatan.

Dalam forum komunikasi formal, seperti rapat, terkadang sejumlah pihak enggan mengungkapkan pendapatnya secara mendalam. Dengan kata lain, dibutuhkan pendekatan melalui forum non-formal, salah satunya melobi. Di kegiatan politik, lobbying dimaknai sebagai bentuk partisipasi politik.

Contohnya, jika terjadi kebuntuan atau perbedaan pendapat antar-fraksi dalam proses pengambilan keputusan. Tak hanya di panggung politik, kegiatan melobi sebenarnya kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari.

 

Rubrik ini diasuh oleh Prita Kemal Gani MBA, MCIPR, APR

Memasuki tahun ke-27 berkarier di dunia kehumasan Indonesia, Ketua ASEAN Public Relations Network dan Pemilik & Direktur LSPR Jakarta ini tetap setia membagikan ilmu dan pengalamannya tanpa henti.
Berbagai penghargaan dalam maupun luar negeri telah disematkan kepadanya, antara lain terpilih menjadi satu-satunya perempuan dari Indonesia yang mendapatkan pembinaan Entrepreneurial Winning Women TM dari Ernst & Young pada tahun 2015 bersama tiga belas perempuan terpilih lainnya dari Asia Pasifik.

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here