Makanan Berserat Dalam Menu Diet

Salah satu rSeratahasia diet sehat adalah banyak mengonsumsi makanan mengandung serat. Selain akan membuat kita merasa kenyang dan memperlancar proses pencernaan, semakin banyak konsumsi sumber serat maka semakin rendah risiko terkena penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan kanker usus.

Jumlah asupan serat yang dianjurkan berkisar antara 25-30 gram per hari sebagai bagian dari diet seimbang. Namun kebanyakan orang dewasa hanya makan rata-rata 18 gram serat per hari.

Mengonsumsi banyak serat hanya dari satu jenis makanan tidak cukup untuk pemenuhan gizi diet seimbang yang sehat. Karena itu, sangatlah penting untuk mendapatkan serat dari berbagai sumber. Dari mana saja sumber serat tersebut didapat?

  • Pilih sarapan sereal gandum, biskuit gandum, atau bubur gandum. Gandum adalah sumber serat yang baik. Gandum utuh memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi seperti protein, antioksidan, serta mineral magnesium, zinc, dan zat besi.
  • Konsumsi nasi dari beras merah. Bahan ini merupakan salah satu jenis beras yang memiliki berbagai kandungan vitamin terutama Vit.B dan Vit.E
  • Jika ingin makan kentang, coba menu olahan berbahan kentang seperti kentang rebus dengan kulit, atau kentang panggang. Ini pilihan yang lebih dianjurkan bila dibandingkan dengan keripik kentang. Sebaiknya jangan buang kulitnya karena cukup banyak mengandung gizi.
  • Sertakan banyak sayuran dalam makanan, seperti brokoli, tomat, serta sayuran hijau lainnya.
  • Kacang banyak mengandung serat. Menurut ahli gizi, kacang hitam dan kacang merah adalah jenis kacang yang merupakan sumber terbaik serat. Anda akan mendapatkan sekitar 15 gram serat untuk setiap porsi satu cangkir.
  • Konsumsi buah segar atau kering. Buah-buahan baik dimakan langsung maupun jus untuk pencuci mulut. Jambu biji, mangga, nanas, dan alpukat bisa menjadi pilihan.
  • Untuk makanan ringan di sore hari, cobalah mengonsumsi jagung crackers gandum, kacang almon tanpa garam, dan biji-bijian.
  • Ketika konsumsi sumber serat meningkat, sebaiknya imbangi dengan meningkatkan konsumsi air minum. Jangan lupa untuk meminum air dalam jumlah cukup. Atur waktu minum agar terpenuhi delapan gelas air per hari. Angie Diyya Foto: Istimewa

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here