Melancong ke Wisata Halal

Dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Indonesia termasuk negara yang menawarkan pesona wisata halal. Layanan industri wisata tersebut ditujukan agar lebih mengakomodasi kebutuhan wisatawan muslim.

Tagline wisata halal populer sejak tahun lalu. Tidak hanya di negara-negara berpenduduk muslim, tetapi juga hits di negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, dan Belanda. Industri pariwisata mancanegara sudah membuka mata dengan besarnya jumlah wisatawan muslim dari waktu ke waktu.

Untuk mendukung pertumbuhan pariwisata halal di Indonesia, Kementerian Pariwasata memberikan penghargaan Pariwisata Halal 2016 akhir September lalu.

Ketua tim percepatan pengembangan Pariwisata Halal 2016, Riyanto Sofyan menuturkan kriteria penilaian yang digunakan adalah standar internasional.

Antara lain perkembangan infrastruktur, nilai historis, dan nuansa Islami. Kali ini, kita menjelajahi tiga propinsi yang meraih kesuksesan di Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016.Dari barat hingga Timur Indonesia terbentang pilihan wisata halal yang kaya histori maupun ceritaIslami.

 

2

Dari barat Indonesia, propinsi Aceh tentu masuk nominasi dan berkesempatan memenangkan tiga kategori, yaitu Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Daya Tarik Wisata Terbaik, dan Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik. Aceh dikenal luas sebagai NegeriSerambi Mekah.

Pemerintah setempat juga telah menetapkan hukum syariat Islam sebagai landasan dalam membuat peraturan dan gaya hidup di masyarakat. Wisatawan domestik maupun mancanegara yang bertandang ke Aceh secara otomatis akan menyesuaikan tampilannya.

 

sultan-iskandar-muda

Sebagai Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, BandaraInternasional Sultan Iskandar Muda berhasil menggeser Bandara Internasional Lombok dan Bandara Internasional Minangkabau. Bandara inipertama kali dibangun oleh Pemerintah Jepang pada 1943. Saat itu, panjang landasan pacu hanya sepanjang 1400 meter dan lebar30 meter dalam bentuk huruf T.

Setelah dilanda tsunami pada 26 Desember 2004, bandara tersebut direnovasi dan memiliki landasan pacu sepanjang 3000 meter dengan luas terminal 2348 meter persegi. Pada Oktober 2011, Boeing 747-400 berhasil mendarat sebagai bukti nyata bandara ini layak sebagai transit berbagai perusahaan penerbangan internasional.

Sejak Mei 2016, jamaah umrah yang berangkat dari bandara Sultan Iskandar Muda dapat terbang langsung menuju Tanah Suci.Ketersediaan air bersih dan luasnya tempat salat menjadi poin yang diperhitungkan dalam wisata halal.

 

3

 

Beralih kepada pesona Masjid Raya Baiturrahman di Banda Aceh yang berhasil menggaet Daya Tarik Wisata Terbaik di KPHN 2016. Masjid Raya Baiturrahman pertama kali dibangun di era Kesultanan Aceh.

Bagian atap masjid ini dibuat sesuai dengan ciri khas masjid-masjid di Indonesia pada masa itu, atap limas bersusun empat. Masjid ini menyimpan kisah kekokohan yang sarat makna religius. Mulai dari tragedi pembakaran oleh kolonial Belanda tahun 1873 hingga hantaman tsunami di akhir 2004.

Sejak 2015, Masjid Raya Baiturrahman memasuki perluasan dari segi infrastruktur hingga fasilitas.Kompleks masjid iniakan menjadi sentral kegiatan umat Islam di Aceh.

Salah satu daya tariknya adalah pemasangan payung elektrik ala Masjid Nabawi di Madinah. Diharapkan tahun 2017, proyek perluasan ini rampung dan bisa dinikmati masyarakat.

 

9

 

Dari 15 piala di KPHN 2016 ,propinsi Sumatera Barat membawa pulang empat piala. Kategori yang dimenangkannya adalah Destinasi Wisata Halal Terbaik, Destinasi Kuliner Terbaik, Restoran Halal Terbaik, dan Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik.

Memiliki kondisi geografis yang hampir sama dengan Aceh, Sumatra Barat tergolong daerah rawan bencana, baik gempa maupun tsunami. Namun,kondisi tersebut tak menyurutkan pemerintah setempat untuk terus mengembangkan pesona Ranah Minang nan elok.

Dari citarasa kuliner Sumatera Barat, masyarakat Indonesia bahkan mancanegara lebih mengenal dengan sebutan masakan Padang. Makanan khas yang digemari antara lain rendang, paru, ayam pop, gulai, dan ikan asam padeh. Pilihan kue, camilan, dan minuman tersedia sesuai standar halal.

 

76

Menariknya, Rumah Makan Lamun Ombak dianugerahi sebagai Restoran Halal Terbaik versi KPHN 2016. Restoran yang terletak di jalan Khatib Sulaiman ini digemari para wisatawan yang menuju Bandara Minangkabau. Restoran yang berdiri sejak 11 tahun ini berjarak 11 km dari bandara. Presiden SBY dan Jokowi pun pernah bersantap di sini saat lawatannya ke Padang.

 

 

8

SebagaiDestinasiWisata Halal Terbaik, Sumatera Barat jugamemperkayadestinasiwisata. Salah satunyadenganpembangunanjalanlayang di Kabupaten Limapuluh Kota atau dikenal dengan jembatan Kelok 9.

Usia jalan Kelok 9 ini lebih tua dari Indonesia. Selesai dibangun oleh Belanda pada tahun 1914. Ruas ini merupakan jalur utama yang menghubungkan Sumatera Barat dan Riau. Oleh karenai tu, dengan pertimbangan kepadatan arus kendaraan dibangunlah jembatan Kelok 9 dengan anggaran Rp594 miliar dan selesai padatahun 2013.

 

10

 

Di Timur Indonesia, Nusa Tenggara Barat berhasil meraih kemenangan terbanyak di KPHN 2016. Kategori yang dimenangkan adalah Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, dan Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik. Dua kategori terakhir memikat hati untuk mengenal lebih dekat keindahan kawasan Lembah Sembalun dan kenikmatan Ayam Taliwang Moerad. Silvy Riana Putri | Istimewa

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Oktober 2016

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here