Muslimah Tangguh | Ingrid Kansil Ketum IPEMI

Kesantunan Wanita Pemimpin

Tutur bahasa elok dan santun salah satu citra yang melekat pada sosok Ingrid Kansil. Dia selalu membahasakan pendapat maupun pemikiran dalam semangat positif dan mengajak kaum Hawa ke arah yang lebih baik. Bilamana belum memahaminya, dia berbesar hati menyatakan masih dalam proses belajar dan tak sungkan bertanya kepada senior yang lebih berpengalaman.

Kelapangan hati dalam menerima masukan atau kritikan salah satu bekal ketangguhan istri Syarief Hasan ini dalam berkarya. Usai menunaikan tugas sebagai anggota komisi VIII DPR RI, kini Ingrid melanjutkan amanahnya sebagai wakil rakyat di luar Senayan. Bersama teman-teman pengusaha muslimah Indonesia, dia membentuk Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia.

“Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) baru satu tahun. Alhamdulillah, animo masyarakat juga sangat positif. Meskipun baru satu tahun, representasi kami sudah hampir di 34 propinsi. Saat ini, Kalimantan Utara yang masih berproses dalam pembentukan struktur. Fokus IPEMI kepada pemberdayaan wanita di bidang ekonomi. Keanggotaan IPEMI tidak hanya dari kaum wanita pengusaha, kami juga sangat terbuka dengan wanita muslimah yag baru ingin menjadi pengusaha ataupun tertarik dengan dunia usaha,” jelas wanita kelahiran Cianjur ini.

 

Dalam setiap langkah, tentu ada tantangan untuk memacu dan meningkatkan kemampuan diri. Ingrid merinci di dalam perjuangan tentu butuh pengorbanan. Ketika dia memilih untuk berkarya di IPEMI, dia harus pandai membagi waktu dan memprioritaskan kepentingan.

“Meskipun waktu me time berkurang, saya akan tetap menjalani amanah ini. Yang terpenting bagi saya setiap kali berkegiatan adalah mendapatkan izin suami, karena beliau adalah pemimpin rumah tangga saya di dunia. Izin dan dukungan darinya adalah berkah bagi saya dan keluarga,” sambung wanita yang senang berpenampilan dengan kain-kain khas Indonesia. Vyranputri | Fikar Azmy

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Juni 2016

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here