Natural Oil Sejuta Manfaat

Lavender Oil

Siapa yang tidak menginginkan kulit yang indah. Kulit dan wajah bagaikan aset kecantikan yang perlu dirawat dan dijaga kesehatannya. Di tengah serbuan berbagai merek produk kecantikan, mulai banyak yang melirik dan mencoba bahkan mempopulerkan perawatan dari bahan alami. Salah satunya dengan minyak alami atau minyak esensial.

Minyak alami masuk dalam daftar perawatan kecantikan reguler selebritis. Bahkan telah digunakan di berbagai budaya untuk tujuan pengobatan dan kesehatan. Di zaman dahulu, orang–orang Mesir membuat minyak esensial dengan merendam tanaman dan kemudian menyaring minyaknya menggunakan kain.

Minyak alami dipercaya memiliki berbagai manfaat, antara lain mengunci kelembapan dan membantu melindungi kulit terhadap pengaruh lingkungan. Karena dapat melembapkan kulit wajah dengan baik maka penggunaannya akan menghentikan kelebihan minyak sebum yang seringkali menyebabkan tzone mengkilap. Minyak alami pun mudah diserap dan tidak akan menyumbat pori-pori. Kelebihan lainnya adalah dapat disimpan lebih lama sekitar dua tahun.

Minyak alami dapat dipakai semua jenis kulit, tidak membuat jenis kulit kering menjadi semakin kering, jika penggunaannya tepat. Aplikasikan setelah mencuci muka, saat keadaan kulit wajah sedikit lembap. Beberapa jenis minyak memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk kuku dan rambut. Minyak wijen bahkan digunakan untuk kesehatan mulut.

oil oil

Coconut Oil

Minyak kelapa meningkatkan produksi kolagen, sehingga memperkuat jaringan kulit dan membantu mencegah munculnya kerutan pada kulit. Minyak kelapa juga dapat menangani masalah kulit kering dan pecah-pecah.

Tea Tree Oil

Saat ini banyak bermunculan produk perawatan dengan kandungan tea tree. Ya, tea tree oil memang dipercaya berkhasiat menyingkirkan masalah jerawat dan membersihkan pori-pori. Selalu ingat untuk mencampur dengan minyak esensial lain karena tea tree oil terlalu kuat untuk digunakan langsung ke kulit Anda.

Argan
Minyak argan kaya akan antioksidan yang disebut polifenol, bermanfaat melawan efek penuaan. Para dermatologis menyebutkan asam lemak omega-3 yang dikandungnya meningkatkan pertumbuhan kolagen kulit, baik itu jenis kulit kering, berminyak, atau normal.

Avocado Oil

Minyak avokad kaya akan vitamin E yang baik menutrisi kulit. Kandungan asam oleatnya mempercepat regenerasi sel dan penyembuhan luka, membantu mencegah infeksi mikroba, serta mengurangi peradangan pada kulit.

Olive Oil

Khasiat minyak zaitun tidak perlu diragukan lagi. Selain mengatasi kulit kering, dan membersihkan sel kulit mati, minyak zaitun juga dapat menghilangkan stretch mark. Gabungan minyak ini dengan pijatan lembut dapat meningkatkan aliran darah hingga mendorong percepatan regenerasi sel-sel kulit.

Chamomile Oil

Chamomile dikenal sebagai campuran dalam teh, tetapi minyak tanaman ini sebenarnya dapat digunakan untuk ‘menenangkan’ kulit, sebagai anti-inflamasi dan antiseptik untuk mengatasi kulit kemerahan, iritasi, dan infeksi ringan.

(AD/Foto: Istimewa)

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here