Taiwan International Beauty Show & Industry Forum 2017 Berlomba Merebut Pasar Global

Tak hanya mau dikenal akan lezatnya bubble tea, kue nanas, atau peralatan elektronik. Produk kosmetik ataupun skincare taiwan tampaknya juga ingin mendunia dan semakin peduli akan pentingnya halal certificate.

Berlomba bisa menjadi produk unggulan yang go international diterima di berbagai belahan dunia menjadi impian dan penyemangat industri kosmetik Taiwan. Ini terlihat dari maraknya peserta dan tamu yang memadati arena Taiwan  International Beauty Show Forum 2017 yang berlangsung beberapa waktu lalu di
Area D Taipei World Trade Center (TWTC).

Industri kecantikan Taiwan berhasil mencapai pertumbuhan ekspor rata-rata mendekati 14% dalam lima tahun terakhir. Sehingga menjadi salah satu yang tercepat dalam pertumbuhan industri domestik mengenai potensial ekspor di tahun-tahun terakhir ini. Untuk menolong perusahaan kosmetik meraih kesempatan bisnis masuk ke berbagai negara, TAITRA turut peduli dengan menyelenggarakan ajang tersebut. Sebanyak 85 exhibitor dengan 133 stan menawarkan beragam produk kosmetik dengan keunggulannya masing-masing selama tiga hari berturut-turut.

Taiwan International Beauty Show Forum 2017 sukses didatangi tamu lokal dan buyers 32 negara dengan dominasi pengunjung dari daratan Cina, Jepang, Amerika Serikat, Singapura, dan Malaysia. Pameran yang bersifat B2B kali ini berhasil menyedot keramaian dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. Para peserta pameran pun menyatakan kepuasannya akan kegiatan bermanfaat ini.

Ching Seng Tong, perusahaan kosmetik yang memiliki pabrik sendiri turut merasakan kebergunaan pameran ini, antara lain karena berhasil bertemu dengan beberapa buyer asing. General Manager Ching Seng Tong Chi-Ching Wang menyempatkan diri untuk bertemu langsung dengan para media yang berasal dari berbagai negara memperkenalkan produk PureArt.

Untuk meraih pasar New Southbound yang sangat potensial, TAITRA juga menyediakan stan HALAL Cosmetic atau Taiwan Halal Beauty dan mengundang Halal-Certifed brands menampilkan produknya.

“Termasuk juga memberikan konseling dan informasi penting bagaimana cara mendapatkan sertifikat tersebut. Profesional buyer dari berbagai negara juga diperbolehkan ikut serta dalam konseling ini,” papar Jamespon-SP Chang, deputy director strategic marketing department Taiwan Halal Center.

Sementara itu, ada 172 one-on-on procurement meeting berhasil dilaksanakan selama pameran berlangsung bersama para buyer dari daratan Cina, Brazil, Rusia, Bulgaria, Amerika, Ukraina, Malaysia, dan Singapura. Hal tersebut menunjukkan adanya potensial kesempatan bisnis bersama yang menjanjikan di masa mendatang dalam skala global. Acara ini merupakan satu-satunya B2B cosmetic show untuk para profesional di Taiwan.

Menampilkan berbagai perusahaan kosmetik terkenal lokal seperti green brand: O’right, facial mask kondang DR JOU, pemain terbesar dalam teknologi gold foil yaitu GOLD NANOTECH, dan eksportir produk rambut profesional SHAAN HONQ.

Lalu, ada pula pabrikan produk skincare yang ikonik ARWIN Bio-Tech maupun time-honored skincare SHEN HSIANG TANG. Termasuk berbagai produk yang mengandalkan bahan organik, peduli akan lingkungan, bioteknologi, aesthetic medicine, dan formula herbal.

 

Berbagai acara yang menambah wawasan diselenggarakan di sela-sela pameran ini. Yaitu serangkaian Beauty Show Workshop on e-commerce, internet celebrities, aesthetic medicine, celebrity styling, dan berbagi kisah sukses dari brand terkenal maupun tren industri kosmetik terkini.

Berbagai pembicara dihadirkan antara lain head of international marketing of Cosmoprof Bologna, perwakilan dari Japan Cosmetic Center, perusahaan kosmetik Korea VONESTESIS, O’right, dan DR JOU. Topik pembicaraan mengenai cosmetic market trend, brand marketing, management, dan product R&D juga mendapat perhatian serius dari para peserta acara.

Mengikuti besarnya peluang bisnis e-commerce yang terus berkembang, TAITRA berkolaborasi dengan Chinese Non-Store Retailer Association untuk menyiapkan pasar tersebut. Dalam e-commerce café, pengunjung bisa merasakan langsung kenyamanan berbelanja secara online yang akan menjadi tren belanja ke depannya.

Naskah: Elly Simanjuntak | Foto: ES & Dok. TAITRA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here