Persiapkan Biaya Pengobatan

Menurut data dari hasil survei “Medical Trends Around The World 2016”, kenaikan biaya pengobatan di Indonesia termasuk yang terbesar di Asia, yaitu naik sebesar 12,7% dari tahun sebelumnya.

Hal ini pun sudah banyak disadari oleh masyarakat, mengingat biaya berobat ke rumah sakit tidaklah murah dan cukup menguras tabungan. Oleh karena itu, peran asuransi kesehatan sangat penting bagi masyarakat.

Walaupun demikian, kita harus mengetahui cara memilih asuransi kesehatan yang memang sesuai dengan kebutuhan kita dan keluarga.

Pada dasarnya asuransi kesehatan rawat inap dibagi menjadi tiga jenis, yaitu
Cashplan / Santunan Harian
Hospitalisation
As Charged / Sesuai Tagihan

Cashplan hanya memberikan sebatas perlindungan yang dijanjikan secara harian. Contohnya, Anda membeli asuransi kesehatan yang memberikan manfaat cashplan sebesar Rp1.000.000/hari.

Maka jika Anda dirawat selama lima hari, dana yang akan keluar dari pihak asuransi adalah sebesar Rp1.000.000 X 5 hari = Rp5.000.000.

Santunan harian ini biasanya hanya untuk tambahan atau pelengkap dari asuransi yang sudah kita miliki. Tentu dengan perlindungan hanya Rp1.000.000 per hari tidak akan cukup untuk biaya-biaya yang harus dikeluarkan selama dirawat inap.

Hospitalisation adalah jenis asuransi kesehatan yang dapat Anda pilih berdasarkan jenis kelasnya. Masing-masing kelas dibedakan berdasarkan harga kamar rumah sakit.

Pada setiap masing-masing harga kamar, diberikan plafond manfaat tambahan lain selama di rawat di rumah sakit.

As charged adalah jenis asuransi kesehatan yang juga dapat pilih berdasarkan harga kamar, tetapi manfaat tambahannya bisa sesuai tagihan. Yang anda perlu perhatikan hanya batas manfaat selama satu tahun tersebut.

Asuransi kesehatan sesuai tagihan biasanya juga menawarkan versi premium di mana batas manfaat per tahun bisa sampai lebih daripada lima miliar dan dapat digunakan di seluruh dunia kecuali negara tertentu.

Tetapi yang perlu diperhatikan lagi adalah adanya inner limit untuk suatu penyakit. Contohnya, untuk penyakit kanker, inner limit-nya Rp1.000.000.000. Artinya walaupun batas manfaat per tahun, hingga Rp3.000.000.000, tetapi jika Anda mengidap penyakit kanker, maka manfaat yang akan keluar maksimum hanya sebesar Rp1.000.000.000.

Lihatlah manfaat perlindungan yang akan didapatkan, lalu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Asuransi kesehatan khusus rawat inap tidak termasuk dengan rawat jalan, mata, gigi maupun melahirkan.

Jika Anda menginginkan tambahan manfaat, untuk beberapa perusahaan asuransi dapat dilakukan tentunya dengan penambahan biaya premi.

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Maret 2017

 

Rubrik ini diasuh oleh Farah Dini Novita, BA (Hons), RFA, CFP

img_07361

Perempuan lulusan The University of Nottingham, Malaysia ini adalah Vice CEO dan senior konsultan keuangan independen Janus Financial. Perusahaan yang bergerak di bidang perencanaan keuangan individu dan bisnis.

Farah memiliki misi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam merencanakan keuangan sejak dini.

Dia juga mempunyai blog khusus perencanaan keuangan dari 2010, www.fin-chick-up.com yang empat tahun kemudian dijadikan sebuah buku berjudul FINCHICKUP: Financial Check Up For Ladies & Finchickup 2.

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here