72 Indonesian Inspiring Women 2017: Anne Patricia Sutanto Wakil Presiden Direktur PT Pan Brothers Tbk

Perusahaan yang ditanganinya, kini memiliki jejak internasional dengan melayani merek dagang, seperti Adidas, H&M, dan Uniqlo. Sejak 2010 hingga kini, pendapatan Pan Brothers terus bertumbuh, yaitu rata-rata sebesar 10%.

 

Menekuni bisnis bukanlah cita-cita awalnya, namun tak disangka kini dia malah menjalaninya dengan sangat serius. Anne Patricia Sutanto menyelesaikan pendidikan di University of Southern California, Amerika Serikat, jurusan teknik kimia dan administrasi bisnis minor tahun 1992.

Dia meraih gelar Master of Business Administration (MBA) dalam bidang keuangan dari Loyola Marymount University, Los Angeles, Amerika Serikat. Di awal karier, dia sempat menjabat posisi di departemen pengembangan bisnis Kayu Lapis Group tahun 1995 dan asisten direktur Keuangan Grup Keris dari tahun 1997.

Terhitung sejak 22 Juni 2010, Anne resmi ditunjuk sebagai wakil presiden direktur PT Pan Brothers Tbk.

Selain itu, ibu dua anak ini juga menjadi Presiden Direktur PT Polymindo Perdana, PT Indo Veneer Utama, dan PT Pancaprima Eka Brothers. Dia juga ada di jajaran direksi PT Homeware International Indonesia, PT Nine Square Indonesia, maupun di PT Central Energy Pratama.

Perusahaan yang ditanganinya, PT Pan Brothers Tbk kini memiliki jejak internasional dengan melayani merek dagang seperti Adidas, H&M, dan Uniqlo. Sejak 2010 hingga kini, pendapatan perusahaan terus bertumbuh, yaitu rata-rata 10%.

Pada 2013, pendapatan mencapai sebesar US$349 juta dan ditargetkan mencapai US$1 miliar pada 2018. Tahun ini, jumlah alokasi belanja modalnya sebesar US$37 juta atau sekitar Rp492 miliar.

Dari total tersebut, sebanyak Rp399 miliar akan digunakan perseroan untuk menambah kapasitas produksi dengan pembangunan dua pabrik baru di bawah bendera PT Eco Smart Garment Indonesia di Jawa Tengah. Perusahaan juga mengumumkan pembagian dividen sebesar Rp2 per saham atau Rp11 miliar secara total.

Dalam berkarier Anne kerap menekankan kepada semua orang untuk dapat memegang komitmen. Agar bisa sukses, menurutnya seseorang bukan hanya perlu hard working, tapi juga smart working.

Selain rasa cinta, dia meyakini kesuksesan yang diraih juga berkat prinsip yang dipegang teguh, yakni memiliki compassion, integritas, dan daya tahan (endurance).

Obsesinya kini adalah agar seluruh perusahaan, baik PT. Pan Brothers Tbk maupun perusahaan-perusahaan lainnya yang dia tangani bisa meraih kesuksesan dan bersaing secara sehat di pasar dunia. Angie Diyya | Dok. Pribadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here