Ni Nyoman Trisnawati Direktur Operasional AXA Mandiri: Dunia Operasional yang Menantang

Rahasia kesuksesan yang selalu dibagikan kepada anak buahnya adalah bekerja dengan fokus, profesional, kreatif, terus belajar, dan tidak takut untuk bertanya. Sehingga menghasilkan output kerja yang berkualitas dan bisa diandalkan dalam tim.

Setinggi-tingginya melambung, surutnya ke tanah juga. Sejauh-jauhnya merantau akhirnya kembali ke kampung halaman. Itulah yang terjadi dalam perjalanan karier
perempuan bernama lengkap Ni Nyoman Trisnawati yang biasa disapa Koming ini. Selain rindu akan keluarga dan Tanah Air, pada akhirnya dia terdorong ingin berbakti memberikan sesuatu yang memang berguna untuk bangsa sendiri.

Koming sempat meniti karier di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Norwegia, maupun Uni Emirate Arab. Perempuan lulusan Temple University, Pennsylvania, jurusan telecommunication engineering ini memiliki pengalaman yang luas di bidang telekomunikasi dan teknologi informasi.

Tak heran, perusahaan satelit besar seperti Hughes Communications Inc., pernah memakainya sebagai tenaga ground system engineer dan dipercaya sebagai VP of communications network ACeS – Asia Cellular Satellite, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat.

Dia juga pernah diberi tanggung jawab sebagai development director Inmarsat Indonesia untuk area Asia dan Afrika, bekerja di tiga lokasi yaitu Inggris, Filipina, dan Indonesia. Sementara di Dubai, dia ditugasi sebagai technology consultant, sekaligus development director di S2M Group FZCO.

KEMBALI KE TANAH AIR
“Saya merasa beruntung bisa mendapat kesempatan bekerja di perusahaan ternama di luar negeri. Tapi, rasanya belum lengkap kalau saya tidak memberikan ilmu dan pengalaman saya untuk Indonesia. Saya kemudian bekerja di salah satu anak perusahaan
Garuda Indonesia sebagai chief technical officer Aero Systems Indonesia.

Lalu, ada peluang bagus pindah menjadi head of transformation officer Axa Services Indonesia. Bertanggung jawab memimpin pengembangan agenda transformasi bisnis sejalan dengan strategi perusahaan, sebelum akhirnya bergabung dengan keluarga AXA Mandiri sebagai direktur operasional,” paparnya sambil bersyukur.

Rahasia kesuksesan yang selalu dibagikan kepada anak buahnya adalah kita harus bekerja dengan fokus, profesional, kreatif, terus belajar, dan tidak takut untuk bertanya. Sehingga menghasilkan output kerja yang berkualitas dan bisa diandalkan dalam tim.

Koming bertanggung jawab dalam mengatur seluruh kegiatan operasional perusahaan bancassurance nomor satu di Indonesia ini. Termasuk kegiatan purna jual, pengelolaan data nasabah, hingga inovasi sistem dan pelayanan kepada nasabah, serta bersinergi dengan jajaran AXA Mandiri lainya.

Di era teknologi serba digital yang sangat menantang dan berkembang pesat sekarang ini, mau tidak mau kita semua harus terus mempelajarinya, bagaimana teknologi bisa membantu pekerjaan dan bisnis kita jadi lebih mudah, efektif dan efisien. Hal tersebut menjadi poin penting bagi AXA Mandiri.

Dia menerangkan, “Kami memang dalam proses melakukan transformasi di bidang teknologi. Tentunya, dari sisi sumber daya manusianya juga mesti mau belajar dan berubah. Memang tidak mudah mengajak orang bersama-sama melakukannya. Umumnya biasa terjadi di awal mereka akan berusaha bertahan untuk tidak mau berubah.

Namun, sepanjang misi dan visi kita jelas arahnya mau ke mana, karyawan pun akhirnya akan mau mengikuti demi kemajuan perusahaan. Saya kemudian memantu tim untuk
membuat strategi dan konsepnya. Pada saat yang sama kemampuan karyawan dikembangkan, cara berpikirnya diubah, dan kemampuannya diasah. Naskah: Elly Simanjuntak | Foto: Fikar Azmy

Makeup: Ahmad Lala (085710509595)

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan majalah Women’s Obsession edisi Juni 2018

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here