Part 1 Spesial Hari Kartini | Tutur Kartini Masa Kini

Berikut petikan wawancara singkat dengan kartini-kartini modern di berbagai bidang. Mereka mengisahkan tantangan dan nilai yang harus dijaga sebagai kartini di zamannya.

 

 

 

Lianawaty Suwono Managing Director BCA

Tantangan terbesar kartini saat ini?

Menurut saya adalah senantiasa meng-kini-kan diri kita dalam berbagai aspek kehidupan untuk menghadapi perubahan-perubahan yang cepat di era sarat VUCA (volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity) ini. Sebagai bunda di rumah dan di kantor, kita harus selalu menjaga agar tetap bisa berikan nilai tambah kepada buah hati.

Fleksibilitas/agility kita dalam belajar, mendengar, membimbing, menyesuaikan diri, menjadi teman, menciptakan, dan menerima dengan terbuka hal-halk baru adalah kunci inti kartini zaman now untuk tetap bisa unggul.

Nilai-nilai yang harus dijaga kartini masa kini?

Perjuangan kartini tidaklah hanya untuk memampukan dirinya sendiri, namun juga sangat ingin memampukan para wanita Indonesia, melengkapi dengan pendidikan. Semangat inilah yang wajib kita lestarikan. Janganlah lelah membangun diri dan memampukan setiap insan sekitar kita. Indonesia will be a better place to live everyday.

 

Fetty Kwartati Director of Investor Relations & Corporate Communication PT Mitra Adiperkasa Tbk

Tantangan terbesar kartini modern saat ini?

Emansipasi terhadap kaum wanita merupakan hal yang sangat baik dan didambakan oleh semua wanita. Namun, yang terjadi belakangan ini bahwa emansipasi wanita kadang berjalan kebablasan atau terlalu jauh, sehingga kadang para wanita sedikit melupakan role-nya sebagai istri dan ibu. Misalnya, kurang respek terhadap suami atau tidak banyak meluangkan waktu untuk mengurus anak.

Nilai-nilai yang harus dijaga kartini masa kini?

Integritas, profesionalitas, dan disiplin.

 

Maya Miranda Ambarsari Owner JD.ID

Tantangan terbesar kartini modern saat ini?

Mempertahankan prioritas dalam hidup. Ketika berkarya di luar rumah, tentu manajemen waktu antara kehidupan bisnis dan keluarga cukup menantang. Saya selalu memegang teguh prinsip keluarga nomor satu. Kesibukan tak membuat saya menomorduakan suami dan anak. Saya berkomitmen kepada diri sendiri tetap menempatkan urusan domestik menjadi prioritas. Teringat pesan orang tua dan para senior bahwa perempuan adalah tiang untuk keluarganya.

Nilai-nilai yang harus dijaga kartini masa kini? Agama, tahan terhadap krisis, dan 4B (Brain, Beauty, Behaviour & Brave).

 

Haseena Bharata Founder Bharata Communications

Tantangan terbesar kartini modern saat ini?

Digitalisasi. Saat ini eranya sudah berbeda, karena kita berpacu dengan waktu menghadapi kecanggihan teknologi dan mesin yang memudahkan keseharian kita. Tak menutup kemungkinan, in many sectors humans will be replaceable.

Nilai-nilai yang harus dijaga kartini masa kini?

Emansipasi, pantang menyerah, dan pintar.

 

 

dr Enrina Diah Founder Ultimo Aesthetic & Dental Center

Tantangan terbesar kartini modern saat ini?

Manajemen waktu dan terbuka menghadapi berbagai perubahan. Contohnya, perkembangan digital yang telah melandasi berbagai sendi-sendi kehidupan. Kita tidak boleh menutup mata dan telinga, agar tidak tergilas zaman. Namun, bukan berarti menghapus nilai-nilai kebaikan dari tradisi.

Nilai-nilai yang harus dijaga kartini masa kini?

Courageous, independent, and smart.

 

 

Titi Hatta, Ketua Umum Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT)

Tantangan terbesar kartini modern saat ini?

Saat ini gerakan kesetaraan gender baik laki-laki maupun perempuan sudah sering terdengar. Namun, di era globalisasi dan teknologi saat ini masih ada perempuan yang belum mendapatkan pendidikan. Selain itu, modernitas menjadi tantangan bagi kaum perempuan untuk eksis dan berperan sebagai seorang kartini pada masanya. Himpitan terbesar menjadi penyumbang terbesar terkurasnya perhatian seorang perempuan. Tayangan-tayangan infotaiment, sinetron maupun film lebih banyak didominasi oleh perempuan yang menonjolkan sosok yang lebih mementingkan kecantikan, kemolekan tubuh, dan materi belaka. Jauh dari figur Kartini dan nilai-nilai yang bisa memuliakan perempuan itu sendiri.

Nilai-nilai yang harus dijaga kartini masa kini?

Kegigihan dan pantang menyerah salah satu karakter dari sosok Kartini yang saya lestarikan sampai saat ini. Sebelum sampai di posisi sekarang, saya tinggal di suatu pedesaan. Meskipun, saya tinggal di desa dan untuk menempuh sekolah sangat jauh, saya tetap berjuang dan memiliki tekad kuat untuk mengenyam pendidikan. Saya juga tidak mudah menyerah dalam belajar, terutama dalam berbisnis dan berorganisasi. Bagi saya, perempuan harus memiliki kegigihan dan pantang menyerah untuk mencapai mimpi ataupun menjalani hidup.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here