Inspiring Mother | Rita Widyasari: Dicintai Anak-anak dan Keluarga

 

Bagi Rita Widyasari, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) versi hitung cepat ini, Hari Ibu adalah momen untuk mengingatkan banyak orang agar menghargai peran dan keberadaan seorang Ibu.

Sepanjang hidupnya dia selalu dekat dengan sang ibu dan berusaha agar bisa bersamanya di setiap tanggal 22 Desember. Dengan nada menyesal dia berkata, “Namun, sejak menjabat sebagai Bupati Kukar, saya kerap tidak bisa menemaninya, karena kesibukan pekerjaan harus menghadiri berbagai acara seputar perayaan Hari Ibu baik yang bersifat seremonial maupun ajang pemberian award untuk kaum perempuan yang berhasil di daerah saya.”

Menjadi seorang Ibu yang dicintai anak-anak dan keluarga adalah sesuatu yang membahagiakan. Itulah sebabnya, banyak perempuan berusaha dengan berbagai cara untuk mewujudkan hal tersebut.

“Tidak ada Ibu yang tak menyayangi anaknya. Sejujurnya saya malah terlalu mencintai, bahkan suami saya berkata terlalu memanjakan mereka. Karena waktu saya tidak bisa full time bersama anak-anak, jadi saat bisa berkumpul saya berusaha semaksimal mungkin mencurahkan kasih sayang lewat berbagai kegiatan,” tambah perempuan kelahiran Tenggarong, 7 November 1973 ini.

Rita berpendapat di dunia ini sebenarnya tidak ada ibu yang benar-benar sempurna atau ideal 100%. Seorang ibu bisa saja menghabiskan waktunya seharian di rumah, tapi ternyata dia tidak berhasil mencetak anak-anak berkualitas.

Lalu, ada ibu yang jarang berada di rumah, namun anaknya malah menjadi juara. Jadi, idealnya adalah orang tua harus mengetahui dengan baik bakat anaknya, bisa mengarahkan, memahami pandangannya, dan mencarikan lingkungan yang baik untuk mereka.

“Saya juga termasuk orang yang pro perempuan. Saat menjabat sebagai bupati Kukar saya berusaha menyisihkan dua persen dari APBD untuk kaum perempuan di daerah saya. Mereka bisa mendapatkan pinjaman lunak, tanpa bunga maupun jaminan tertentu. Lalu, kalau terpilih kembali menjadi bupati, saya akan menggratiskan biaya pemeriksaan kehamilan maupun perempuan melahirkan di Kukar,” sambungnya bersemangat.

Perempuan berbintang Scorpio ini berusaha untuk bisa sukses, baik di keluarga maupun dalam membangun bangsa Indonesia, khususnya Bumi Kutai Kartanegara.

“Tak ada kiat khusus yang saya gunakan untuk mencapainya. Namun, paling penting adalah melakukan semuanya dengan hati dan penuh tanggung jawab. Bagi saya ini adalah amanah dari Tuhan. Keluarga dan pekerjaan saya aminkan sebagai jalan saya beribadah.”

Salah satu perempuan yang dikagumi dan menjadi inspirasi Rita adalah ibunya. Dia begitu setia dan selalu bangga dengan apa yang dilakukan pasangan hidupnya. Ibu selalu berada di sisi bapak, saat dia sedang tak berdaya.

Dalam mendidik putra-putrinya, Rita berprinsip pendidikan adalah nomor satu. Lalu, dia bersumpah tidak akan pernah mau memukul atau berkata kasar kepada anak-anak.

“Saya memiliki tiga anak, pertama seorang laki-laki yang suka memasak dan dua putri kembar yang hobi bermain sepak bola. Saya menghargai bakat dan minat mereka. Karena anak-anak adalah titipan Tuhan, saya berusaha mendidik dengan sebaik-baiknya dan berharap kelak mereka bisa menjadi orang yang berguna dan bermanfaat di kemudian hari,” ungkapnya sungguh-sungguh. Elly Simanjuntak / Fikar Azmy

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Desember 2015

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here