Rahasia Kesehatan dari Penjuru Dunia

Menyimak kehidupan di setiap negara memiliki tingkat kesehatan yang berbeda. Women’s Obsession tertarik menelusuri dari berbagai sumber situs kesehatan tentang jenis olah raga, terapi, atau pola hidup sehat seperti apa yang diterapkan di mancanegara Berikut ini, kami pilihkan ragam cara menjaga kesehatan dari penjuru dunia yang sesuai dengan kehidupan di Indonesia
India: Meditasi

Di negara dengan penganut agama Hindu tertinggi di dunia, meditasi menjadi ibadah yang juga bermanfaat besar untuk kesehatan. Studi dari Herbert Benson, MD., selama lebih dari tiga dekade menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan kesehatan sel-sel di otak, menurunkan tekanan darah, respon nyeri, membantu penurunan metabolisme, meningkatkan denyut jantung, pernapasan, dan depresi.

Meditasi bukan hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. Bila Anda sudah tergabung dengan kelas meditasi di berbagai pusat kebugaran ternama, rajin-rajinlah menghadiri kelas. Bila waktu Anda sempit, lakukan meditasi di awal pagi hari, sebelum anggota keluarga lainnya terbangun. Pilih lokasi di ruang terbuka seperti di pinggir kolam renang atau taman belakang rumah Anda. Bersatu dengan kemurnian alam akan membuka energi dan aura positif Anda.
Cina: Akupunktur

akupuntur 2

Akupunktur telah dipraktekkan selama ribuan tahun, dari berbagai dinasti yang berkuasa di Cina hingga tampuk kepemimpinan sekarang. Teknik akupuntur ini tidak sembarang menusukkan jarum di sekujur tubuh kita. Hanya 2.000 titik akupuntur yang diperbolehkan untuk kesehatan dan penyembuhan. Akupuntur baik untuk kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, mempercepat produksi neurotransmitter di otak yang terkait dengan relaksasi, serta meningkatkan kualitas tidur.

Tidur yang berkualitas turut menjaga kesehatan tubuh dan mental. Ketika sibuk dengan keperluan bisnis atau rapat hingga larut malam, secara tidak langsung Anda tidak memenuhi kebutuhan tidur harian selama 8 jam dalam satu hari. Dan, kebanyakan dari kita kerap kesulitan untuk kembali ke kondisi prima. Tak ada salahnya memasukkan akupuntur ke dalam jadwal aktivitas Anda. Ketika Anda beristirahat dengan cukup, etos kerja meningkat, kreativitas terjaga, dan emosi dalam kondisi stabil.

Yunani: Diet ala Mediterania

Makanan yang masuk ke dalam mulut salah satu sumber masalah kesehatan. Ada baiknya Anda memulai pola makan sehat. Ditambah lagi, Indonesia adalah negeri yang kaya akan aneka buah dan sayuran. Tak ada salahnya mencoba diet ala Mediterania. Diet ini hanya mengonsumsi buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, ikan dan unggas, serta penggunaan lemak sehat seperti minyak zaitun. Pola diet ini dipercaya menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, memperoleh berat badan ideal, dan komplikasi mata.

Mesir: Bekam

Pengobatan alternatif ini dikenal berasal dari Mesir dan Timur Tengah. Pada zaman Nabi Muhammad, bekam dilakukan menggunakan tanduk kerbau atau sapi, tulang unta, atau gading gajah. Bekam adalah pengobatan menggunakan sarana cawan, kop, tabung atau bambu dengan metode mengisap cairan berlebih dan toksin keluar dari tubuh. Pengobatan ini dipercaya dapat melancarkan peredaran, tekanan darah tinggi, perbaikan fungsi organ tubuh, dan menambah antibodi tubuh.

 

Rusia: Sauna

Sauna

Hidup di negara tropis membuat kita akrab dengan aktivitas olah raga yang berpanas-panasan. Pergi ke sauna terbukti membakar 300 kalori dalam satu sesi, memperbaiki kulit, meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi penyakit pernapasan, dan menyeimbangkan pikiran dan emosi.

 

 
Polandia: Hindari kebiasaan makan di luar rumah

Masyarakat Polandia membiasakan hanya menggunakan maksimal lima persen dari anggaran pengeluaran keluarga untuk bersantap di luar rumah. Berbeda dengan keluarga di Amerika, mereka menghabiskan sekitar setengah dari anggaran untuk bersantap di luar rumah. Kebiasaan keluarga Polandia ini dapat diterapkan oleh keluarga Indonesia lainnya. Banyak pula nilai positif yang didapat, yaitu terjaganya kebersihan makanan, variasi makanan sehat, serta menghemat pengeluaran.
Belanda: Bersepeda

biking

Bersepeda merupakan moda transportasi utama di Belanda seperti yang dilansir BBC News. Bahkan Belanda dijuluki sebagai negara tersehat di dunia berkat kegiatan bersepedanya. Pemerintah mendukung penuh aktivitas ini dengan ketersediaan jalur bersepeda yang layak, rambu-rambu, dan area parkir sepeda yang sama kualitasnya dengan mobil.

Pola aktivitas bersepeda ini sudah diterapkan di Indonesia dengan munculnya berbagai komunitas bersepeda seperti Bike to Work dan Gowes. Kembali tingkatkan kegiatan bersepeda Anda. Agendakan dua hari dalam seminggu, Anda bersepeda untuk pergi bekerja. Gunakan sepeda lipat agar mudah disimpan di mobil bila ada pertemuan mendadak. Di akhir pekan, manfaatkan luasnya area taman kompleks di sekitar hunian Anda untuk bersepeda bersama keluarga. (Silvy Riana Putri/Berbagai Sumber, Foto: Istimewa)

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here