Ratanjit Das | Membuat Perubahan Positif

Pria berdarah India bernama lengkap Ratanjit Das ini mengawali kariernya di Reckitt Benckiser (RB) sejak 2002 hingga 2009 sebagai direktur penjualan di India. Dia sukses membangun tim penjualan yang kuat dan mampu menghasilkan angka pertumbuhan di atas rata-rata pasar. Yaitu bertumbuh tiga kali lipat selama masa kepemimpinannya.

Sebelumnya dia sempat bekerja sebagai regional sales manager (western region) Gillette dan marketing manager Oral-B (Gillette) India. Peraih gelar sarjana sains program studi matematika dari St Stephen’s College, New Delhi dan paskasarjana di bidang manajemen bisnis dari XLRI, Jamshedpur, India, ini sudah menjabat sebagai presiden direktur RB Indonesia sejak 2009.

Menawarkan solusi inovatif untuk keluarga yang lebih sehat dan bahagia telah menjadi misi RB. Perusahaan global yang termasuk dalam 20 perusahaan terbaik di London Stock Exchange ini berhasil meraih hati masyarakat dunia berkat inovasi-inovasi spektakuler.

“Saya senang sekali dengan adanya potensi dan kesempatan bisnis yang menggiurkan di Indonesia. Selama kepemimpinan saya di sini, RB berhasil meraih pengalaman bisnis yang luar biasa dan bersyukur bisa ikut terlibat di dalamnya.

Bekerjasama dengan tim yang hebat membesarkan bisnis perusahaan menjadi pengalaman berharga bagi saya. Untuk memacu karyawan menjadi loyal dan do the best, saya memberikan kepercayaan penuh kepada mereka,” ujar leader yang mau mendengar dan memberdayakan anak buahnya untuk memiliki mindset sebagai pengusaha ini serius.

 

img_1179-i

BERBAGAI MEREK UNGGULAN
Dia selalu mengajak timnya untuk mencari solusi bersama saat ada masalah dan merangsang munculnya ide-ide baru yang brilian. Ratanjit melihat ada banyak di antara mereka yang berbakat dan potensial ke depannya akan sukses berkarier dan meneruskan keberhasilan perusahaan.

Dia dan seluruh timnya tak pernah lelah terus mendorong bisnis kami dengan perpaduan antara inovasi, produk baru, dan edukasi kepada konsumen. Contohnya, salah satu produk RB, yaitu Vanish telah menjadi pemimpin dalam produk penghilang noda membandel–ada di Indonesia sejak tahun 2013–secara efektif mampu menghilangkan noda yang sulit hilang seperti noda teh, kopi, tinta, buah, saus, dan lainnya.

Termasuk noda pada pakaian berwarna maupun putih tanpa merusak serat kain. Setelah sukses dengan cairan penghilang noda, Vanish kemudian mempersembahkan formula terbaru Vanish Oxi Action Powder. Membantu para ibu menghilangkan noda yang tidak bisa dibersihkan dengan deterjen saja, tanpa perlu dikucek atau disikat secara berlebihan.

Perusahaan yang fokus di bidang kesehatan dan kebersihan ini memiliki perwakilan lebih dari 60 negara dengan target penjualan lebih dari 200 negara dan memiliki sekitar 37.000 karyawan di seluruh dunia.

Pria yang biasa menghabiskan waktu tidur selama enam sampai tujuh jam sehari ini menerangkan, “Kami mempunyai kampanye besar Misi Hidup Sehat Dettol bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia membangun awareness, meningkatkan kualitas kesehatan, dan kebersihan masyarakat Indonesia. Termasuk beberapa program pendidikan yang berhubungan dengan praktek-praktek good hygine.

Selama tujuh tahun terakhir mengembangkannya, kami mendekati dan mengedukasi lebih banyak lagi sekolah termasuk anak-anak pelajar akan pentingnya mencuci maupun menjaga kebersihan tangan, agar terhindar dari berbagai penyakit. Kami mengadakan training kepada para perawat mengenai pentingnya infection prevention dan ibu-ibu muda dalam menjaga kebersihan bayi mereka,” sambung Ratanjit.

Dia menambahkan, “Kami senang sekali bisa membuat perubahan yang positif terhadap masyarakat luas dan menjalani visi kami yaitu menciptakan keluarga lebih sehat dan bahagia.” Elly Simanjuntak | Fikar Azmy

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession Oktober 2016

 

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here