Segarnya Rumah Hijau

Sebagai tempat untuk melepas lelah, beristirahat, maupun berinteraksi dengan anggota keluarga, sebuah rumah perlu untuk senantiasa sehat dan terjaga.

house-home-terrific

Membangun sebuah rumah idealnya tidak hanya bertumpu pada keindahan gaya arsitektur sebuah bangunan, namun yang penting diperhatikan adalah kriteria kesehatan sebuah rumah. Salah satu ironi abad ini adalah teknologi yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan, seringkali membawa resiko terhadap kesehatan kita. Sistem pendinginan udara modern menawarkan suhu sempurna untuk ruangan, namun terkadang membawa wabah alergi dan pilek kami. Bahan kimia tambahan membuat cat, kayu, dan bahan bangunan lebih tahan lama, namun beresiko mengandung racun.

 

Udara dan Pencahayaan

Seperti halnya manusia, rumah membutuhkan udara segar, sinar matahari, dan air untuk tetap memberikan energi baik sekaligus sehat. Sekali dalam sepekan, matikanlah pendingin udara lalu buka semua pintu dan jendela untuk membiarkan udara dan sinar matahari masuk.  Rumah yang sehat juga memerlukan cahaya yang cukup, tidak kurang dan tidak terlalu banyak. Kurangnya cahaya yang masuk ke dalam rumah, di samping mengakibatkan kurangnya kenyamanan, juga merupakan media atau tempat yang baik untuk hidup dan berkembangnya bibit-bibit penyakit.

Pembersih Udara Alami

Ada baiknya kita menggunakan pembersih udara alami, maupun tanaman anti polutan untuk menjaga udara di rumah bebas polusi. Setidaknya ada 6 spesies tanaman yang direkomendasikan untuk ditanam di sekitar rumah maupun area dalam. Penggunaan tanaman ini dapat membuat udara sehat di rumah, bersih dan segar. Tanaman yang mudah ditemukan dan memiliki beberapa komponen, seperti akar, daun, dan bakteri berguna untuk membersihkan udara beracun dalam tanah. Misalnya, bunga lily, daisy, palem, dan aglaonema. Baik rangkaian bunga dari toko atau atau bunga segar dari halaman belakang, keduanya cocok untuk memperindah ataupun menambahkan banyak warna dan kesegaran pada ruang. Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa tanaman ini telah memiliki efek antimikroba 50% terhadap jamur maupun bakteri berbahaya yang mencemari udara.

Material Anti Toksik

Fungsi rumah sebagai tempat berlindung harus diimbangi dengan kualitas elemen pengisi hunian yang sehat. Misalnya, memilih material lantai yang baik dan bahan dinding yang mampu menyerap panas matahari dengan maksimal. Ketika mendesain rumah sehat, sangat penting untuk memilih, cat, perabotan, dan bahan konstruksi yang ramah lingkungan atau anti toksik yang saat ini mudah ditemukan.

Keseimbangan Harmoni

Terlepas dari periode, bila kita menghuni rumah sehat dan hijau, timbul rasa harmoni dan kemurnian yang memelihara tubuh maupun jiwa. Seiring waktu, pada akhirnya kita akan merasakan bernapas lebih ringan, terhindar dari berbagai penyakit, dan dapat memulai setiap hari dengan energi ataupun semangat tinggi. Angie Diyya | Foto: Istimewa

 

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here