Sudah Sehatkah Keuangan Anda?

Apakah Anda masih bingung bagaimana cara memulai mengatur keuangan yang sehat. Apa sajakah yang harus diperhatikan?

Jawabannya adalah The basic triangle method, yaitu risk profile, current financial statement, dan goals di puncak segitiga. Rumusan ini digunakan firma Janus sebagai langkah awal dalam merencanakan keuangan klien.

Sebelum menentukan tujuan, selami dulu profil risiko klien. Gambaran tersebut merupakan indikator untuk mengetahui tingkat risiko seseorang berdasarkan latar belakang terkini dan terukur.

Profil ini bukan semata membahas hal konservatif, moderat atau agresif. Kita perlu menganalisa lebih detail dan mendalam.

5

Jumlah tanggungan dan kondisi keluarga klien turut diperhitungkan. Apakah orang tua dan saudara bergantung kepada si klien?

Bila ya, maka kondisi ini akan mempengaruhi keseluruhan perencanaan keuangan, karena harus ada dana lebih, jika semakin banyak tanggungan.

Bagaimana dengan pekerjaannya? Semakin berisiko suatu pekerjaan, maka dana darurat dan asuransinya pun harus sesuai dengan kebutuhan.

Mindset tentang keuangan pada diri klien juga akan mempengaruhi cepat atau lambatnya menuju keuangan yang sehat.

Jika seseorang memiliki mindset yang salah tentang mengatur keuangan, maka perlu diterapi terlebih dahulu untuk mengubah kebiasaannya sebelum fokus kepada hal lain, seperti investasi. Jika mindset orang tersebut sudah di jalan yang tepat, maka akan lebih mudah untuk diarahkan.

Setelah risk profile, fokus kita beralih kepada current financial statement, yaitu kondisi keuangan terkini. Bagaimana pengaturan alur kasnya? Apakah penghasilan seimbang dengan pengeluaran?

Perlu dilihat bagaimana cara klien mengelola uang selama ini. Apakah ada cicilan utang yang terlalu besar dibandingkan porsi investasi? Apakah setiap bulan masih bisa menabung? Jenis pengeluaran apakah yang paling besar?

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Oktober 2016

 

Rubrik ini diasuh oleh Farah Dini Novita, BA (Hons), RFA, CFP

img_07361

 

Perempuan lulusan The University of Nottingham, Malaysia ini adalah Vice CEO dan senior konsultan keuangan independen Janus Financial, perusahaan yang bergerak di bidang perencanaan keuangan individu dan bisnis.

Farah memiliki misi untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam merencanakan keuangan sejak dini.

Dia juga mempunyai blog khusus perencanaan keuangan dari 2010, www.fin-chick-up.com yang empat tahun kemudian dijadikan sebuah buku berjudul FINCHICKUP: Financial Check up For Ladies.

Share artikel ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here