Pesona Histori Stasiun Kereta

Saat berplesiran ke negara orang, kami termasuk wisatawan yang gemar menggunakan transportasi publik. Kondisi tersebut merupakan salah satu momen berinteraksi dengan masyarakat lokal. Ikut pula merasakan gaya hidup setempat dengan cerita uniknya. Kali ini, kami tertarik berbagi cerita tentang stasiun kereta.

Ruang publik ini memiliki desain dan interior yang terkadang menyerupai galeri seni atau unjuk gigi kemajuan suatu bangsa. Atau adapula yang merawat keaslian bangunannya sebagai nilai histori. Di dalam ingatan kita sudah melekat interior istimewa Union Station, Chicago dan Grand Central Terminal, New York. Semoga ke depannya, berbagai stasiun kereta api di Nusantara kian menguatkan identitas maupun keistimewaan di masing-masing daerah. Berikut ini, beberapa pilihan stasiun kereta di mancanegara yang mencuri perhatian.

Helsinki Central, Finlandia

Termasuk salah satu situs ikonik di Finlandia, Helsinki Central dikenal dengan dinding berbahan granit dan dua patung kembar pria di fasad bangunan. Usia bangunan ini lebih tua dibandingkan lainnya, yaitu 1862. Diprediksi setiap hari dipenuhi 200.000 penumpang.

 

Kanazawa Station, Jepang

Bergaya futuristik yang dipenuhi kaca dan permainan pola geometris di pilar, Kanazawa Station menjadi stasiun yang meninggalkan kesan di hati. Di dalam stasiun ini, kita juga bisa puas berbelanja berkat mal yang menawarkan aneka produk maupun layanan.

 

Antwerpen Central Station, Belgia

Meski sempat hancur pada era 1950-an, pada 2009 direkonstruksi ulang beserta sejumlah ornamen dan patung singa berukuran besar. Ketika berada di dalamnya, seperti berada di dalam katedral, bukan stasiun kereta. Dikabarkan, lantai stasiun terbuat dari 20 jenis marmer dan bebatuan alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here