Things You Should Know About : Peristiwa Penting di Tahun 2018

Edisi menutup tahun 2018, Women’s Obsession mencoba merangkum kejadian-kejadian yang terjadi di seluruh dunia. Berikut beberapa kejadian sepanjang tahun versi Women’s Obsession.

  • Awal tahun 2018, dibuka dengan hadirnya kejadian langka yang hanya terulang lebih dari 100 tahun, yakni fenomena alam Super Blue Blood Moon pada 31 Januari 2018. Fenomena ini dapat disaksikan di sebagian besar wilayah Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia maupun Australia.
  • Menjadi tahun berlangsungnya gelaran akbar Piala Dunia, salah satu kejadian menarik yang terjadi saat momen piala dunia adalah saat Didier Deschamps kembali merasakan gelar juara Piala Dunia untuk kedua kalinya. Dia pernah terlibat dalam Piala Dunia sebagai pemain pada 1998 lalu, kini Deschamps mengangkat trofi paling bergengsi dengan statusnya sebagai pelatih Timnas Prancis.
  • Untuk pertama kalinya, teknologi video assistant referee (VAR) mulai diterapkan FIFA di Piala Dunia 2018 demi memantau kejadian sebenarnya di lapangan dan meminimaliskan kesalahan keputusan bagi sang wasit.
  • Tahun 2018 Indonesia juga berkesempatan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Indonesia berhasil meraih 98 medali. Negara yang duduk di posisi satu sebagai peraih medali terbanyak di kejuaraan ini adalah Cina dengan 289 medali.
  • Setelah Asian Games, ada Asian Para Games yang diadakan dari tanggal 6-13 Oktober 2018. Di kejuaraan ini Indonesia meraih 135 medali di posisi ke-5. Sedangkan Cina berhasil mendapatkan 319 medali dan menempati posisi pertama.
  • Beberapa bencana alam terjadi beberapa bulan terakhir. Di antaranya Gunung Sinabung yang statusnya terus meningkat pada bulan April, gempa bumi yang terjadi di Lombok (Agustus), gempa dan tsunami di Palu dan Donggala (September), hingga banjir dan tanah longsor di Sumatera pada Oktober silam.
  • Tidak hanya di Tanah Air, bencana alam juga muncul di California. Kebakaran hutan yang melanda membuat 14.000 petugas pemadam terjun ke tempat kejadian. Sekitar 25 orang korban tewas dan diperkirakan 250.000 orang terpaksa mengungsi untuk menghindari dua kebakaran besar, Camp dan Woolsey.
  • Mantan Presiden AS ke-41, George HW Bush, meninggal di usia 94 tahun. Dilansir dari laman BBC, kesehatannya memang sempat menurun dalam beberapa tahun terakhir.
  • Pencipta tokoh animasi SpongeBob SquarePants, Stephen Hillenburg, juga tutup usia di akhir November tahun ini. Dia meninggal dunia pada usia 57 tahun karena mengidap ALS.
  • Razan Al-Najar seorang relawan medis Palestina ditembak ketika berusaha menolong seorang demonstran. Kejadian ini membuat Menteri Kesehatan Palestina, Jawad Awwad, berkomentar tindakan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tersebut masuk dalam kategori kejahatan perang.
  • Jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang pada akhir Oktober lalu juga menjadi salah satu catatan kelam penerbangan di Tanah Air.
  • Peminat Pegawai Negeri Sipil meningkat dari tahun ke tahun. Di tahun 2018, pendaftaran CPNS 2018 ditaksir mencapai enam juta pendaftar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here