Ekspresi Keseharian dalam Lukisan

Berlokasi di Almine Rech Gallery, London, pameran lukisan karya Todd Bienvenu bertajuk Slapstick berlangsung pada 24 November 2018 hingga 12 Januari 2019. Visual yang dibuat pelukis asal Arkansas ini tampil penuh dengan suasana parau dan memberi ruang untuk emosi-emosi buruk yang biasanya disembunyikan dari dunia seni. Rasa rendah diri, malu, dan kehilangan tampak jelas di kanvasnya. Karya Bienvenu mengingatkan kita bahwa begitu banyak pengalaman hidup yang menjadi pengingat, ambivalen, gembira, dan kekecewaan tak terelakkan.

Mata Bienvenu secara kompulsif tertarik pada momen-momen deflasi komik yang menggagalkan harapan. Akrilik yang diaplikasikan menampilkan seolah-olah karya tersebut merupakan adegan photobombing dari kehidupan mereka sendiri. Salah satu lukisan paling menarik adalah ‘Cuddle Puddle’. Menampilkan seorang pria tengah memperhatikan telepon genggam dengan wanita yang sedang tertidur di sampingnya.

Hanya berbalut selimut berwarna kebiruan dengan corak abstrak, karya yang satu ini tak luput dari pesan dan kejadian nyata di kehidupan sehari-hari. Kini orang-orang lebih dekat dengan gawai pintar ketimbang sesama manusia. Belum lagi, karya berjudul ‘The NSA has seen you naked’, menampilkan seorang pria yang berada di satu ruangan dengan puluhan monitor di hadapannya. Sayangnya, sebagian besar monitor menampakkan visual-visual vulgar.

‘The Dude Abides’ menjadi salah satu visual yang tidak kalah menarik. Mengisahkan seorang pria dengan tubuh tinggi besar. Sekujur tubuhnya dipenuhi berbagai jenis tato. Mulai dari gambar-gambar yang terlihat jelas hingga tato berupa huruf-huruf abstrak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here