Mencari Cinta di Negeri Tanpa Cinta

Menghelat pertunjukan terbesar di tahun 2018, Teater Koma yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation mementaskan lakon Gemintang beberapa waktu lalu. Diadakan di Graha Bhakti Budaya, Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki mengusung tema fiksi ilmiah. Pesan produksi ke-153 ini menggambarkan pentingnya ilmu pengetahuan dan pendidikan demi kemajuan bangsa, serta peran generasi muda dalam membangun kembali
negeri dari kebobrokan akibat tindakan korupsi.

Pementasan kali ini tampak berbeda, karena turut didukung dengan latar belakang panggung full layar multimedia hasil karya animator-animator ISBI Bandung. Tidak hanya itu, sesaat sebelum adegan dimulai, para penonton juga bisa menyaksikan kerlip bintang buatan di langit-langit ruang teater.

Gemintang mengisahkan tentang Arjuna, seorang astronom yang mengharapkan cinta Sumbadra sejak pertemuan pertama. Ini bukan kisah cinta biasa. Diceritakan nama asli Sumbadra adalah Ssumphphwttsspahzaliapahssttphph dan berasal dari planet Ssumvitphphpah yang berjarak 12 miliar tahun bumi.

Walaupun demikian, Arjuna mantap membawa Sumbadra untuk menemui keluarganya. Wibowo, ayah Arjuna, adalah seorang tokoh partai yang menjadi anggota dewan rakyat. Sayangnya, jabatan mulia tersebut justru disalah gunakan menjadi koruptor. Kasus tersebut sudah terlacak dan pihak berwenang mulai bersiap menggerebeknya. Di saat bersamaan, Arjuna datang memperkenalkan Sumbadra kepada keluarganya.

Mengetahui orangtua Arjuna seorang koruptor, ayah Sumbadra pun memaksa putrinya untuk kembali ke negerinya dan dijodohkan dengan pria pilihan orangtuanya. Merasa patah hati dan tidak mampu mencintai gadis lain, Arjuna tetap setia menunggu sang kekasih untuk kembali. Sayang, hingga tubuh terus menua, Sumbadra tetap tidak pernah kembali padanya. Inilah yang disebut Mencari Cinta di Negeri Tanpa Cinta oleh Nano Riantiarno sang penulis naskah, sekaligus sutradara Gemintang.

 

Untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan Women’s Obsession edisi Juli 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here