Pertunjukan Musikal Standar Internasional Into The Woods

Teater musikal berskala internasional sukses digelar di Indonesia beberapa waktu lalu.

Adalah Teater Musikal Nusantara (TEMAN), sebuah Theatre Company asal Jakarta yang  memproduksi drama musikal Into The Woods karya Stephen Sondheim dan buku oleh James Lapine. Pertunjukan dipentaskan di Teater Salihara itu memadukan seni dan budaya tradisional Indonesia dengan salah satu karya teater musikal yang paling sukses secara komersial dan artistik, sebagai terobosan baru industri teater tanah air yang sedang berkembang.

Memegang lisensi dari Music Theatre International (MTI) dan dukungan penuh dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), pertunjukan ini menggabungkan talenta-talenta anak muda negeri ini seperti Lea Simanjuntak, Andrea Miranda, Sugie Phua, serta dari Singapura luar negeri Frances Lee.

Into The Woods digubah oleh Stephen Sondheim mengeksplorasi konsekuesi dari keinginan tiap karakter, pada akhirnya mengharuskan untuk memperbaiki tindakan mereka. Teater musikal ini memenangkan penghargaan Tony Award untuk kategori musik terbaik, buku terbaik, dan aktris terbaik pada tahun 1988, dan telah diproduksi berkali-kali dengan adaptasi film di tahun 2014 yang masuk nominasi Academy Awards dan Golden Globe pada tahun 2015.

Acara yang digarap oleh Chriskevin Adefrid (Indonesia) dengan arahan director Benjamin Chow (Singapore), Artistic Director Venytha Yoshiantini (Indonesia), dan Music Director Ivan Tangkulung (Indonesia) ini berhasil menciptakan sebuah produksi berskala internasional dengan citarasa budaya tradisional. “Arahan artistik dari Into The Woods ini membungkus elemen-elemen budaya asing dengan budaya Indonesia. Jadi ini menjadi sesuatu yang sangat fresh; Sebuah pertunjukan teater musikal dengan lisensi resmi namun dengan arahan artistik yang kolaboratif dan spektakuler,” tutur Chriskevin Adefrid selaku produser dari Into The Woods.

Berlangsung selama dua hari, acara ini turut dihadiri banyak tokoh di antaranya Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Joshua Puji Mulia Simandjuntak, Miss World Indonesia 2018 Alya Nurshabrina, Musikus dan Komponis Purwacaraka, Tony Prabowo, Agum Gumelar, Toto Arto, Iskandar Loedin, dan Rama Soeprapto. Pementasan Into The Woods ini merupakan produksi TEMAN pertama, sebagai debut kolaborasi karya anak muda tanah air dan internasional yang ingin membangun industri teater tanah air sehingga bisa bersaing di pasar hiburan Indonesia. Foto: Dok. TEMAN

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here