Calisthenics di Tempat Terbuka

Street workout merupakan aktivitas latihan calisthenics dan bodyweight exercise yang biasanya dilakukan di ruang terbuka, tentunya sensasinya berbeda dengan berlatih di indoor. Calisthenics sendiri terdiri dari berbagai gerakan sederhana, berirama yang pada umumnya dilakoni tanpa menggunakan peralatan atau alat.

Street workout sudah dipraktikkan oleh ribuan orang di dunia, dengan nama-nama seperti Bar Brothers, Barstarzz, Workout Embassy, dan lainnya. Di Indonesia pun aktivitas fisik tersebut sudah berkembang, bahkan menjamur komunitasnya di berbagai daerah, salah satunya Street Workout Depok (SWORD) yang berdiri sejak Agustus 2015.

Awalnya, SWORD melakukan latihan di sebuah komplek perumahan yang terdapat ayunan dan tiangnya digunakan sebagai alat latihan para anggota. Seiring berjalannya waktu, SWORD memiliki tempat khusus tersendiri untuk latihan, yakni di Taman Merdeka, Sukmajaya, Depok. Tentunya SWORD sudah memilki izin khusus dari pemerintah setempat. Dengan memegang konsep outdoor, hal tersebut merupakan salah satu daya tarik tersendiri untuk lingkungan sekitar.

Mengusung tagline Yuk! Olahraga Bareng SWORD, komunitas ini sangat yakin hidup sehat itu mudah dan murah. “SWORD mengajak siapa pun yang ingin bergabung tanpa syarat. Tanpa memandang usia muda, tua, laki-laki atau perempuan,” tutur Syam Ramadhan, ketua komunitas SWORD.

Komunitas ini membranding dengan cara mengunggah setiap kegiatan latihan di akun instagramnya. Dengan cara itu mereka bisa memperlihatkan setiap aktivitasnya kepada para pengguna sosial media instagram, sehingga menjadi magnet tersendiri untuk menarik para anggota baru.

Jenis olahraga yang diajarkan di sini mulai dari push up, pull up, dips, front lever, L sit, back lever, planche, 360, 540, dan lainnya. Meskipun jenis olahraga tersebut terlihat berat dan rata-rata dilakukan oleh lelaki, SWORD hadir mengenalkan aktivitas fisik tersebut bisa dilakoni perempuan. Terdapat tiga kelas yang diperuntukan bagi laki-laki dan satu kelas khusus perempuan. Kelas pertama, yakni Progress Class untuk anggota yang belum menguasai gerakan dasar, seperti push up, pull up, dan dips.

Kelas kedua, Beast Mode untuk anggota yang telah menguasai gerakan dasar. Biasanya gerakan ini lebih berat, karena menggunakan beban saat melakukan gerakan pull up atau dips, dan ada juga gerakan muscle up. Freestyle merupakan kelas baru dan yang akan diperlombakan. Terdiri dari dua kelompok gerakan, yaitu static dan dinamic. Gerakan static, seperti front lever, L sit, planche, dan lainnya. Sementara, contoh gerakan dinamik adalah 360 dan 540.

Kemudian, kelas Ladies biasanya mempelajari gerakan dasar terlebih dahulu, seperti squat, push up, australian pull up, bench dips, dan mendapat materi cardio. Pelatihnya pun perempuan. Jadwal latihan SWORD hari Selasa dan Kamis mulai pukul 19.30 sampai 21.00 WIB. Selain itu, hari Minggu pukul 08.00 sampai 10.00 WIB.

Kendati baru seumur jagung, SWORD sudah beberapa kali mengikuti kompetisi di berbagai perlombaan olahraga, bahkan kerap naik podium di beragam kejuaraan nasional. Di antaranya Juara 1 Max Reps Pull Up, Juara 3 Strenght Battle, Juara 1 Max Reps Pull Up, Juara 3 Strenght Battle dan Juara 3 Max Reps Pull Up dan Dips (Jakarta, Tingkat Nasional Goifex 2017).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here